Cara Agar Blog Tampil di Halaman Pertama Google

Banyak pertanyaan selama ini baik via chat atau komentar tentang bagaimana caranya agar blog tampil di halaman pertama Google, bahkan no 1 di SERP. Mungkin pertanyaan itu muncul karena Blog in sering nongkrong di Halaman Pertama Googgle.

Lucunya, ada saja yang mengatakan saya kerja di Google 😃. Mungkin karena bosan melihat blog ini selalu di page one. Jujur... secara detail saya juga bingung kenapa blog ini sakti. (Sebagai ujicoba kesekian kalinya, saya buat artikel ini dengan persaingan ratusan ribu artikel). Tapi tentunya saya akan bongkar secara gamblang bagaimana caranya Blog Kang Ismet selalu ada di Halaman Pertama.

OK... siap-siap baca dengan serius, kalau di dunia magician istilahnya the biggest secret revealed, rahasia terbesar akan diungkap...

1. Jangan Mau Instan


Blogging itu tidak seperti mie instan, dipasak langsung dimakan. Tapi melalui proses. Banyak yang baru ngeblog 1-2 bulan sudah ingin sukses di dunia Blogging. Ikuti prinsip POM Bensin "Dimulai dari Nol ya..." semua berjalan bertahap, step by step. Kalau konsisten dengan apa saya tulis, Insya Allah 2-3 bulan blogging bisa muncul di halaman pertama Google.

Sebagai informasi saja, blog ini sudah mulai dari 2009, dengan domain dot com. Sampai expired tidak diperpanjang, vakum... lanjut lagi dengan domain dot net dengan isi gado-gado. Setelah itu baru memilih niche blogging

2. Tulis Artikel yang Berkualitas


Bagi saya, ada beberapa kategori sebuah artikel dikatakan berkualitas :

  1. Tidak Copas

    Ketika Anda copas, saya yakin anda tidak menguasai apa yang anda tulis. Ini adalah salah satu kesalahan terbesar. Sebagai contoh Blog Anda tentang tutorial blogging, Anda copas dari blog orang lain. Ketika pengunjung mengaplikasikan tutorial tersebut, kemudian mengajukan pertanyaan, saya yakin 90% anda tidak bisa menjawabnya. Hilanglah pengunjung blog Anda.

  2. Bahasa yang mudah dipahami.

    Biasakan menulis artikel dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami pengunjung. Jangan terlalu banyak basa-basi, langsung ke pokok permasalahan yang akan di bahas.

  3. Menyelesaikan Masalah.

    Ketika pengunjung mengetikan keyword, biasanya mencari solusi dari sebuah permasalahan. Usahakan artikel kita menjawab permasalahan pengunjung, sehingga pengunjung merasa puas dan akan merekomendasikan blog kita kepada yang lainnya. Artikel akan lebih mudah dipahami ketika menggunakan bantuan gambar atau video. Gunakan media yang memudahkan pengunjung memahami solusi yang dihadapi.

    Hal ini ada kaitannya dengan copas, jujur saya ingin ketawa ketika melihat artikel yang asal-asalan. Bagi saya, pantang menulis artikel ketika hal itu belum saya buktikan melalui proses uji coba. Mungkin untuk niche blog yang lain ini akan berbeda kondisi, misalkan melalui riset dll.

3. Jangan Membuat Pengunjung Malas untuk Kembali


Banyak faktor yang membuat pengunjung blog malas untuk kembali ke blog kita, diantranya :

  1. Iklan yang bejibun sehingga menutupi artikel
  2. Loading blog yang berat
  3. Komentar yang tidak ditanggapi
  4. dll

4. Jangan keduluan yang Lain


Ketika ada informasi terbaru, Anda harus yang terdepan memberikan informasi. Sebagai contoh apabila anda membuat artikel tutorial blogging, sekarang sedang ramai AMP HTML. Kumpulkan informasi tentang hal itu, sajikan dengan bahasa yang lugas dan informasi yang akurat.

Curi kesempatan yang baik, dengan menyajikan informasi terbaru.

5. Buat sesuatu yang berbeda


Disini saya hanya mencontohkan saja. Blog ini rame pengunjung ketika saya memodifikasi Blogger Threaded Comments Hack. Akhirnya bermunculan tutorial serupa dan membuat backlink ke blog ini.

Bagi anda tertunya berbeda, silahkan gunakan imajinasi Anda apa yang akan anda buat. Membuat artikel kontroversi, ujicoba dengan alat, trik mempermudah sesuatu.. apapun itu, yang bisa mendongkrak popularitas blog Anda.

5. SEO


Bagi saya SEO nomor ke sekian... Makanya SEO saya tulis di point terakhir. Banyak yang bertanya tentang SEO, jujur saya masih belum terlalu paham dengan SEO. Yang pasti, saya benahi struktur blog, penempatan h1, h2 dst.

Yang pasti, ketika akan memposting, saya perhatikan Label, Permalink, dan Deskripsi Penelusuran. Apabila judul panjang, permalink saya buat custom, supaya di browser tidak terpotong.

Kurang lebih seperti ini penampakan untuk Artikel ini.



Tidak ada yang aneh, mungkin sama apa yang sobat lakukan.

Untuk sementara, perasaan hanya itu rahasia terbesar saya... sambil mikir barangkali masih ada yang kurang... 😃

Artikel Terkait

Disqus Comments