Mengatasi amp-iframe Error / Tidak Muncul

Bagi sobat pengguna AMP HTML, tentunya sudah mengetahui apa itu amp-iframe. Amp-iframe merupakan pengganti tag iframe pada template / theme AMP.

Beberapa kali saya mencoba mengiframe halaman, akan tetapi tetap halaman tidak muncul, hanya muncul indikator loading saja. Harap diingat, halaman yang diiframe harus menggunakan SSL (https).

Ternyata permasalahannya, AMP iframe tidak mengizinkan iframe, apabila amp-iframe kurang dari 600px dari atas halaman web /blog. Atau ketika di scroll ke atas, kurang dari 75%. Di AmpByExample sebetulnya sudah di jelaskan :

Iframes must be either 600px away from the top or not within the first 75% of the viewport when scrolled to the top – whichever is smaller. This example might not work depending on your screen width. In that case it will only show a loading indicator.

Jadi supaya tampil, iframe jangan terlalu atas. Batas dari Atas halaman harus melebihi 600px.

Amp-iframe bisa saja tidak muncul ketika dibuka pada layar yang lebih lebar, hal ini karena posisi objek / amp-iframe akan naik sehingga kurang dari 600px atau kurang dari 75% area scroll sebelum iframe.

Artikel Terkait

Disqus Comments