Membuat URL Shortener Sendiri dengan JavaScript


URL Shortener / URL Redirection with JavaScript - Pada postingan sebelumnya, saya pernah membuat Link Palsu / Fake Link. Masih berhubungan dengan postingan tersebut saat ini saya coba membuat URL Shortener. Kalau sebelumnya sobat biasa menggunakan bit.ly, goo.gl dan sejenisnya, sekarang kita akan membuat URL shortener sendiri. Script yang saya bagikan bisa juga disebut URL Redirect. URL Redirection atau pengalihan permalink sebetulnya sudah difasilitasi oleh blogger, cuma masih terbatas pada blog kita, tidak bisa mengarah ke blog lain.

Kalau pada CMS WordPress ada plugin "Simple URLs", hasilnya akan mirip-mirip dengan itu, karena saya juga terinspirasi dengan plugin ini. Kalau sobat belum mengetahui, mungkin sobat pernah melihat link seperti http://kangismet.net/go/fb kurang lebih seperti itu gambarannya.

Untuk membuatnya, simpan kode ini di atas </head>

<script language='javascript'>
//<![CDATA[
var key = window.location.href.split("go/")[1].replace("/","")
var urls={
    'fb':'https://www.facebook.com/kangismet2', 
    'gplus':"https://plus.google.com/+KangIsmet1",
    'twitter':"https://twitter.com/kangismetdotnet" /* yang terakhir tanpa koma */
}
if(key){
    if(urls[key]){
        window.location.href=urls[key]
    }else{
        document.write("'"+key+"' not found :(");
    }
}
//]]>
</script>

Ganti / tambahkan link sesuai keinginan sobat. Untuk memahaminya, ketika saya tulis 'fb':'https://www.facebook.com/kangismet2' berarti, apabila mengakses http://blog.kangismet.net/go/fb akan mengarah ke https://www.facebook.com/kangismet2.

Kode HTML nya seperti ini :

<a href="http://blog.kangismet.net/go/fb" target="_blank">Facebook</a>

Semoga bermanfaat..
Disqus Comments