1 Warning Pada Validasi HTML5

Setelah beberapa minggu mengasingkan diri dan tidak turun gunung, ternyata banyak kemajuan di dunia persilatan. Banyak kemajuan dari rekan-rekan pendekar baik ginkang ataupun iwekangnya.validator

Saat ini sekaligus saya mohon maaf buat para pendekar yang menyambangi perguruan saya dan tidak mendapatkan jawaban atas kemelut dunia persilatan (hehehe.... maaf ngaco maklum baru beres2 rumah dan menemukan beberapa buku Kho Ping Hoo dan Wiro Sableng Pendekar Kapak Maut Naga geni 212   :D  )

Ternyata setelah lebih dari 2 minggu tidak blogging dan blogwalking, saya tertinggal jauh oleh sahabat-sahabat semua.. absennya saya karena ada beberapa kesibukan yang tidak bisa saya tinggalkan. Namun ada sedikit yang membahagiakan atas kenaikan blog ini menjadi PR4, walaupun PR bukanlah segalanya.

Daripada bingung mau posting apa... saya coba menjawab pertanyaan tentang Validasi HTML5. Diantara pertanyaan yang sering dipertanyakan yaitu : Blog saya sudah valid, tapi kenapa masih muncul 1 warning?

Mungkin sobat sering lihat penampakan seperti ini :

html5 validator

Warning itu biasanya muncul di http://validator.w3.org/ karena situs ini banyak digunakan untuk cek validasi HTML5. Padahal masih banyak situs yang menyediakan tool validasi HTML5 ini.

Terlepas dari penggunaan situs lain, sebetulnya pertanyaan di atas sudah ada jawabannya pada situs tersebut seperti ini :

The validator checked your document with an experimental feature: HTML5 Conformance Checker. This feature has been made available for your convenience, but be aware that it may be unreliable, or not perfectly up to date with the latest development of some cutting-edge technologies. If you find any issues with this feature, please report them. Thank you.

Arti yang lebih tepatnya silahkan terjemahkan sendiri. Namun intinya bahwa 1 Warning tersebut menyatakan bahwa tool validasi ini hanya experimental, artinya tidak mutlak 100% valid bahkan seiring perkembang teknologi maka tidak menutup kemungkinan adanya perubahan struktur HTML.

Sebetulnya saya pribadi masih sedikit bingung dengan validator HTML5 ini. Terkadang saya mencoba disatu situs sudah valid, tetapi situs lainnya tidak valid. Sebagai contoh Manipulasi Pada Komentar dengan menggunakan tag rel. Pada http://html5.validator.nu/ dideteksi sebagai kesalahan, akan tetapi di http://validator.w3.org/ sudah valid (passed). Mungkin juga karena ada beberapa perbedaan ini, munculah 1 warning.

Artikel Terkait

Disqus Comments