Niche Blogging or General Blogging - Ketika memulai sebuah blog, tentunya harus terkonsep akan dibawa kemana dan diapakan blog yang kita buat. Apakah akan membuat niche blog atau general blog.niche blog

Niche blog adalah blog yang membahas 1 tema saja (spesifik), seperti membahas tema tutorial blogging atau tutorial desain atau perawatan rambut atau kesehatan dll.
General blog adalah blog yang membahas berbagai tema (umum) atau bisa juga disebut campur aduk.

Tentunya memilih niche blogging atau general blogging, tergantung tujuan dan keinginan sobat dalam membuat blog. Tidak bisa dipaksakan harus membuat niche blog atau general blog. Akan tetapi ketika sobat akan membuat blog baru, tentunya harus dipertimbangkan kelebihan dari aliran blogging tersebut.

Keuntungan Niche Blog


Menggambarkan Sobat Ahli di bidangnya.

Ketika membuat sebuah niche blog, biasanya berhubungan dengan hal-hal yang disukai bahkan sangat faham dengan yang sobat tulis. Ketika menulias artikel pun tentunya tidak usah mencari tema yang lain, cukup seputar tema blog. Semakin sering dan fokus menulis satu niche, maka pengetahuan sobat akan semakin terasah, dan pengunjung akan tau blog spesifik sobat.

Dengan semakin sering datangnya pengunjung, maka pengunjung akan beranggapan bahwa memang Ahli dibidangnya, bahkan akan mempunyai visitor yang loyal terhadap sobat.

Membentuk Komunitas

Dengan berfokus pada satu niche, dan selalu update, maka sesuatu keajaiban akan terjadi :) Dari sinilah, akan terbentuk pengunjung yang loyal yang sama kegemarannya dengan sobat  berbagi opini, pertanyaan.. dengan sobat... Sang Ahli

Bahkan mereka akan merekomendasikan blog sobat, berbicara tentang sobat.. dan sobat menjadi pembicaraan dalam komunitas.

Disukai Pengiklan

Apanbila ingin me-monetize blog, niche blog ini akan lebih mudah. Pemasang iklan biasanya lebih memilih blog bertema niche daripada blog umum. Kenapa? karena pengunjung biasanya akan lebih tertarik mengklik banner atau iklan pada niche blog karena memang ditargetkan untuk pengunjung, dan iklan nya pun sangat berkaitan dengan tema blog.

Lebih Disukai Mesin Pencari (Search Engine)

Mesin pencari seperti Google, Yahoo, MSN dll lebih menyukai blog yang konsisten pada satu tema. Hal ini menunjukan ototoritas blog tersebut. Otoritas ini biasanya timbul dari tulisan yang dibuat tidak asal-asalan.. kenapa? karena sobat... Sang Ahli

Itulah diantara keuntungan niche blog. simak keuntungan General blog....

Keuntungan General Blog (Umum)


Lebih Cepat Tenar

Karena mencantumkan berbagai berita /artikel maka blog general akan lebih cepat tenar kalau dibanding niche blog. Akan tetapi, setelah naik biasanya akan stagnan, diam disitu saja, kemudian ketenarannya akan terkalahkan oleh niche blog.

Banyak Hal Yang Bisa Ditulis

Dengan tidak berfokus pada satu tema, maka general blog tidak usah takut kehabisan ide... apa pun yang dilihat atau didengar, bisa langsung menjadi bahan tulisan. Tidak seperti niche blog, yang tidak boleh melanggar tema blognya.

Kesimpulan


Dari 2 tema blog di atas, saya lebih menganjurkan niche blog daripada general blogging dengan berbagai keuntungannya. Apakah benar-benar harus niche blog? tidak juga, seperti yang saya tulis di atas, tergantung tujuan sobat membuat blog.

Satu hal lagi, apabila belum faham dengan kelebihannya, niche blog saya ibaratkan dokter spesialis, dan global blog seperti dokter umum. Penting 2-2nya, tapi mana yang lebih ahli? mana yang lebih mahal?

Selamat memilih dan happy blogging...

104 komentar

kalau saya niche blog biar lebih fokus aja ke bidangnya, makasih infonya kang :D

Balas

kalau blog saya kayanya General Blog deh kang :D soalnya isinya campuran :p hehehe

Balas

menurut kang ismet sendiri, apakah blog.kangismet.net termasuk yang mana? yang general apa yang niche blog?

Balas

Haturnuhun kang info na.
Blog aki mah samakbruk apa ajah ada mirip pasar tumpah yang sepi pembeli he,,,,

Balas

tergantung kebutuhan ko :)

Balas

sedang berusaha ke niche blog, walau kadang melanggar :) nah menurut sobat, blog saya kemana?

Balas

bebas ki lah.. kamana we

Balas

Niche lebih bagus, pengunjung bisa betah, kalo terlalu segala ada, setiap postnya jadi nggak terlalu berharga, setiap postnya kayak hasil bacaan dari mana terus di tulis ulang...

Balas

liat aja, hampir kabanyakan blog-blog yang dihapus google itu tipe blognya tipe campur-asal-ngamuk-aya_aya wae-teu jelas-terlalu banyak postingan-hasil copas-penulisnya sendiri nggak ngerti apa yang ditulisnya-dll wkwkwkwk xDDD

Balas

sayamah kumaha ngenahnah weh kang..hehehe (bari liyeur oge)

tapi,dari pendapat pribadi saya kayaknya lebih untungan Niche Blog dah, soalnya lebih terperinci mungkin dia akan memposting dari dasar sampe ke akar.. :P jadi banyak di sukai bisa juga di bookmark biar bisa mengikuti updatenya ..heheheh

Balas

Kalau blog saya mungkin masuk kategori General Blogging ya mas? hehehe Lah, saya belum terlalu serius ngeblog mas ... yang penting enjoy aja dulu ... :D hehehe perkenalkan akun baru mas .. akun nyang kemaren kena retas, terpaksa saya hapus deh tuh akun... makanya gambar blognya pada ilang semua ... :D

Balas

Haha, Kang Ismet kayaknya ke Niche deh ... Niche nya dunia per-bloggeran ... :D

Balas

Kalau Blog saya masuk dalam katagori apa yah Sobat..?
memang sih bebas memilih apa saja tergantung yang kita mau
Kumaha aing kata bahasa Jerman nya mah? :h :h :h
Tapi dua2 nya bagus semua tuh Kang...
Yang penting kita tau prosedur niche atau general blogginya.
Terima kasih buat artikel nya Kang,, sangat membantu.

Balas

blog saya general blogging deh kang ..

Balas

Tapi kang sayang gada keduanya disitu ya, saya sih blog ala kadarnnya dan hanya buat tulisan semata. entah itu apa, tapi gak berkaitan dengan blog.

Coba dong kang bisa lebih di jelaskan lagi apa itu personal blogger, soalnya blog hanya untuk penulisan hal-hal gak penting, tapi 100% tulisan kita.

Balas

nah ini dia byk org2 yg galau ketika menulis sebuah artikel, krn tidak terkonsep dari awal

Balas

ujung2nya copas ya.... ;)

Balas

aneh ya.... nulis apa dia ga ngerti yang ditulis :)

Balas

betul sob.. intinya seperti itu

Balas

pantes... benerin lagi or upload lagi gambarnya sob, jadi ga enak liat blognya :)

Balas

kayaknya lebih banyak ke niche blogging ya sob... bebas we lah kumaha daekna ;)

Balas

yang penting enjoy dan terus berbagi deh sob

Balas

kalau menurut saya, blog yang merupakan catatan pribadi atau diari, itu masuk general blogging sih.. General blogging itu tidak harus melulu copas sob, intinya tidak membahas tema spesifik dalam 1 blog

Balas

tambah lagi dong.. blogger galau :)

Balas

menurut ane lebih bagus niche blogging kang :D

Balas

hehehe...ini mah saya banget...nice blog hehehe (bukan niche blog)...
Apa yang saya tahu saya tulis jadi campur aduk deh...makanya judulnya all abour sharing...ceritanya sharing segala hal (yang saya tahu)...ya tentunya hal yang patut untuk diketahui umum hehehe...haadeueuehh...yang penting tetep blogging kang...

Balas

yang penting NICE ya kang... tapi tetep seputar dunia KOMPI ko :)

Balas

beberapa hari ini saya lagi kebingungan dgn konsep blog saya kang ..
banyak sisi yg saya sukai .. mulai dari berbagi tutor sampe hal lainnya .. tapi y itu tadi saya gak tau apakah milik saya niche atau general .. karena pada kesempatan yg lain saya terus nulis artikel tutorial blog .. Entahlah tapi benar kata bang kompi NICE aja !!!

Balas

Punten kang saya teh masih pensaran yg jadi admin Bloggertut teh akang ???

Balas

kalau blog direkti saya masuk golongan niche atau umum ya, kang?
Kayanya umum kali ya :)

Balas

Awalnya niatan niche blog Kang Ismet, tetapi ada juga beberapa artikel yang melenceng dari niche blog.
Bener sekali kata Kang Ismet, kalau niche blog memang sesuatu yang dikuasainya atau pun dalam kesehariannya bergelut dalam bidangnya sendiri. Sehingga bisa mengolah sendiri pengetahuan dan pengalaman yang didapatkannya di lapangan (lahan praktek/kerjanya)

Balas

Hmmmm/// Visit:- http://hindi4tech.blogspot.com

Balas

Keren kang artikelnya, saya lebih suka niche blogging deh...

Balas

Berbicara tentang dua konsep blog di atas, saat ini dan mungkin dari dulu udah banyak blogger yang beralih ke niche blog dengan alasan untuk mengeruk dollar dari Google Adsense, Amazan Affiliate dan bisnis online lainnya atau mungkin juga pengen terlihat lebih profesional pada niche blog yang sementara dikembangkan. Sehubungan dengan hal itu, saya pernah sempat mikir untuk memindahkan atau membahas salah satu topik atau kategori pada blog saya Share With Agung Talaga pada blog baru dan blog baru itu hanya membahas tentang topik itu saja, nda ada campuran lainnya. Untuk saat ini saya sementara meninjau kembali topik2 apa aja yg sering dicari orang pada saat mereka berkunjung ke blog saya dan ketika saya udah dapatkan satu topik yang bagus untuk dikembangkan lagi secara khusus.

Yang penting happy blogging aja ya Kang... :D

Balas

Kalau udah biasa menulis hal-hal apa saja dan hal-hal tersebut kita sukai, pasti sangat sulit untuk menentukan pilihan dimana yang akan dijadikan fokus pembahasan pada blog tsb atau mungkin blog lainnya. Blog saya udah jarang saya update postingannya karena selalu saya rencana untuk bahas satu topik aja di blog itu alias beralih ke niche blog tapi hingga saat ini rencana itu belum kelar2 juga... :D

Balas

Mumpung masih anget, pengen ngucapin Maaf Lahir Bathin, Kang ismet :)
Sekalian minta ijin pake template zerkajevblog...uff!!! susah bgt namanya.
Btw, di footer template itu kok gak dipasangin nama Kang Ismet ya?
Apa emang sengaja ga di cantumin ya?

S'kali lgi trims bgt template bangusnya :)

Balas

Kalau saya pilih nice general mas karena seperti mas bilang lebih cepat tenar :)

Balas

saya masih bingung dalam hal ini kang :(
pngen niche blog tapi kemampuan saya sangat terbatas..

Balas

Nah loh, kalo blog saya termasuk yang mana nih? :bingung:

Balas

Kalau saya general blog kang, sekarang lagi bersih2 artikel copas di blog kang. Soalnya pengen buat artikel yang original tulisan sendiri. :)

Balas

Saya juga gan, blog saya blog baru tapi termasuk niche blog, soalnya isinya juga tentang tutorial bloggger juga.Dan mau niche blog ataupun general sama saja sob. tergantung diri kita sendiri bagaimana menjalaninya

Balas

Saya termasuk kategori apa ya, soalnya saya suka posting yg menurut saya bagus di posting hehe

Balas

Sepertinya blog agan general blog gan. semacam kayak comment kang ismet sblumnya "kalau menurut saya, blog yang merupakan catatan pribadi atau diari, itu masuk general blogging sih.. General blogging itu tidak harus melulu copas sob, intinya tidak membahas tema spesifik dalam 1 blog"

Balas

itu dia masalahnya kang pengennya sih bikin niche blog tapi karena nggak ahli/menguasai di satu bidang akhirnya bikin karedok blog..berbagi apa yang saya tahu dan saya dapat aja sambil rada bingung jawab pertanyaan visitor :D

Balas

kalo menurut Kang ismet Blog DavidRaja.com itu lebih mengarah kemana yahh ????
Niat nya Saya sih lebih mengarah ke NICHE, tapi tidak NICHE secara TEMA, melainkan secara KONSEP.
yang itu konsep BERBAGI,
Berbagi Kisah, Berbagi Pengetahuan, Berbagi Solusi.
mohon masukan atas Blog sederhana saya Kang :)

Balas

tinggal tunggu waktu aja kali sob...

Balas

hehehe... kunaon kitu kang? sanes sugan :)

Balas

itulah kadang2 masalahnya sob... kita harus tetep dalam 1 tema kalau niche blog

Balas

berarti melihat pasar dulu ya sob... tapi yang paling bagus sih yang kita sukai, jadi bener di explore

Balas

sma2 gan.. kayaknya dipasang deh.. tapi kenapa ga muncul ya? :(

Balas

tergantung kebutuhan sob...

Balas

tidak usah mahir sob.... banyak sumber ko

Balas

berarti aliran bingungisme :)

Balas

kalau murni tulisan sendiri harus opini kayaknya sob.. kalau tutorial harus mahin bener.. ayo kumaha tah?

Balas

hehehhe... tpi jadi pengetahuan nantinya sob

Balas

kayaknya ke niche sob.. soalnya temanya asuransi

Balas

Sebenarnya mau Niche ataupun General blog sebenarnya sih sama aja. Yang paling penting adalah konsitensi menulis / tekad jurnalis nya. Selain itu yang paling penting lagi adalah ORISINALITAS konten.

Bener kang ismet ? Heheheheheh :D

Balas

benul... eh betul sob :)

Balas

punya saya berarti general donk kang hahahay, awalnya fokus nulis chord tapi lama-lama bosen juga..hahahay

Balas

maksudnya tulisan sendiri dg bahasa dan gaya khas Saeful13 alias gk copas langsung kayak dulu. hehhe :)

Balas

iya kang Ismet, kagak muncul tuh.
ane cek dari master tempatenya pun kagak ada nama akang.

Atau akang kasih tau aja tambahan kodenya untuk tampilin nama akang di template itu :)

Balas

kalau membahas chord itu susah sob, harus telaten

Balas

hm.. ;) kalau gitu blog saya termasuk Niche Blog dong. akang kalau ada waktu jalan2 dong ke blog saya ^_^

Balas

benere... cuman syereeem :)

Balas

wah bisa jadi bahan pertimbangan nih, soalnya ane br bikin blog kang hehe....

Balas

Sabenerna mah lieur rek milih niceu blog atau general blog, tapi kalau niche blog mungkin lebih mengarah ke hobi ya kang?

Balas

Wah threaded commentnya kok rasanya ada yang janggal yah wkwkwk

Balas

ahirnamah teu tulus ngeblogna nya :)

Balas

kang maaf nih rada OOT, itu ngomong-ngomong yang permintaan saya gimana yah ??? saya sudah tulis di content akang yang sebelah tuh.
saya juga sudah kirim kontak ke email akang lewat halaman kontak.
di tunggu responnya Kang

Balas

ko ga ada masuk ke email ya? request yang mana? kelewat kayaknya komennya.. coba kirim email ke kangismet@gmail.com

Balas

hadeuh ni yang komplen ga dateng lagi :P

Balas

Wah, kalau saya mah campur aduk isi blognya (general blogging), soalnya kalau satu tema saja (niche blog) bisa kehabisan ide deh :D, hihihihi

Balas

Gampang aja kang kalau pendapat saya.
Mau itu Niche atau General, cuma satu saja. Tulisan sendiri. Kalau memang harus tulis ulang pun bisa menambah wawasan. Jadi intinya sih general atau niche yang penting serius.

Ngeblog itukan macem2, visitor yang datang juga meacem2. jadi kpribadian orang siapa yang tahu. General juga lebih banyak yang terkenal dibandingkan dengan yang berniche. haha.

Balas

Gandeng ah kang :D, tong tarik teuing jadi isin .. Tapi resep ka blog akang, gonta-ganti warna wae, jadi mata teh selalu fresh (weeh gaya :D) daripada ker warna hejo teh hejoooooo terus :P

Balas

wkwkwkwkw... ke mah pink ah :D

Balas

pink mah pas hari ibu atuh kang, supaya sosweet :D sakalian sareng artikelna, pasti mantep tah :D

Balas

hahahah mengapa blog kang ismet ini sering di buru oleh spammer sih? jodoh amat sama spammer kali kang, @@,

Balas

Kayaknya kalau yang general itu kebanyakan kopas ya kang ? Terutama yang tentang unik2 gitu lah, blog saya general...

Balas

apa mending bikin blog baru aja kali ya?
blog ane kadang ngebahas soal smartphone, kadang ngebahas soal blogging, kadang ngebahas lirik lagu, berarti blog ane blog general dong?
tapi ane jangankan niche blog, general blog aja sekarang lagi kehabisan ide.. :D

Balas

Kang Ismet tidak terlalu menghiraukan itu kayaknya sob, namanya juga pengunjung blog pasti beda2 motif kunjungannya kan.. Hahahaha...

Balas

Kebanyakan copas tapi kebanyakan juga yang general itu hasil pikiran sendiri kok sob salah satunya blog saya.. Hehehehe... Salam kenal aja deh buatmu sob. Sekali2 SKSD dulu di blognya Kang Ismet ya.. :D

Balas

Boleh juga tuh sob kalau langsung buat blog baru untuk fokus pada satu topik saja yang penting sebelum buat blog tsb, pertimbangkan dulu baik dan buruknya serta peluang persaingan dan optimasinya nanti. Kalau udah matang konsep blog nichenya, baru deh blognya dibuat. Itu sih kalau menurut saya sob.. :D

Balas

udah pada di babat spammernya :)

Balas

@Oqif: bener kata Mas Agung, belum tentu blog general itu copas..

Balas

ckckckck.... sereeem kang @@,

Balas


ALHAMDULILLAH MBAH RORO,
NMOR TOGEL YG MBAH BRIKAN TEMBUS 100% 9418 SAYA MNANG 125JT,
SKLI LAGI TRMAH KASIH,
SYA AKAN MNEPATI JANJI SAYA MBAH UNTUK MEMBERIKAN SBAGIAN KE FAKIR MISKIN
BISA MENGELUARKAN ANGKA2 GAIB YAITU MBAH_RORO JIKA ANDA YAKIN DAN PERCAYA
NAMANYA ANGKA GOIB ANDA BISA HUBUNGI LANSUNG MBAH_RORO
DI NO_ ­ _085_394_537_578_ SAYA SUDAH BUKTIKAN SENDIRI ANGKA GOIBNYA
DEMIH ALLAH DEMI TUHAN.INI KISAH NYATA ????

Balas

Kalau jamin tembus kok tidak ditawarin saja ke PAK SBY biar negara kita tidak banyak hutang???

Balas

kalo saya blog gado2 ajalah :) karena mau bikin blog niche belum ada keahlian yang bisa dibagi... :D

Balas

kalau blog saya, mungkin general blog. sesuailah sama deskripsinya heheheee

Balas

kalo www.bloggersambas.com mungkin masuk general kali yah... mau fokus dengan tema komputer artikel ku nggak laku2.... nggak dpat posisi hal 1 google

Balas

thanks sob untuk postingannya...
article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
maju terus dan sukses selalu...
salam kenal yach...
kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
http://chaniaj.blogspot.com/

Balas

Poskan Komentar


×
Chat