Niche Blogging atau General Blogging?

Niche Blogging or General Blogging - Ketika memulai sebuah blog, tentunya harus terkonsep akan dibawa kemana dan diapakan blog yang kita buat. Apakah akan membuat niche blog atau general blog.niche blog

Niche blog adalah blog yang membahas 1 tema saja (spesifik), seperti membahas tema tutorial blogging atau tutorial desain atau perawatan rambut atau kesehatan dll.
General blog adalah blog yang membahas berbagai tema (umum) atau bisa juga disebut campur aduk.

Tentunya memilih niche blogging atau general blogging, tergantung tujuan dan keinginan sobat dalam membuat blog. Tidak bisa dipaksakan harus membuat niche blog atau general blog. Akan tetapi ketika sobat akan membuat blog baru, tentunya harus dipertimbangkan kelebihan dari aliran blogging tersebut.

Keuntungan Niche Blog


Menggambarkan Sobat Ahli di bidangnya.

Ketika membuat sebuah niche blog, biasanya berhubungan dengan hal-hal yang disukai bahkan sangat faham dengan yang sobat tulis. Ketika menulias artikel pun tentunya tidak usah mencari tema yang lain, cukup seputar tema blog. Semakin sering dan fokus menulis satu niche, maka pengetahuan sobat akan semakin terasah, dan pengunjung akan tau blog spesifik sobat.

Dengan semakin sering datangnya pengunjung, maka pengunjung akan beranggapan bahwa memang Ahli dibidangnya, bahkan akan mempunyai visitor yang loyal terhadap sobat.

Membentuk Komunitas

Dengan berfokus pada satu niche, dan selalu update, maka sesuatu keajaiban akan terjadi :) Dari sinilah, akan terbentuk pengunjung yang loyal yang sama kegemarannya dengan sobat  berbagi opini, pertanyaan.. dengan sobat... Sang Ahli

Bahkan mereka akan merekomendasikan blog sobat, berbicara tentang sobat.. dan sobat menjadi pembicaraan dalam komunitas.

Disukai Pengiklan

Apanbila ingin me-monetize blog, niche blog ini akan lebih mudah. Pemasang iklan biasanya lebih memilih blog bertema niche daripada blog umum. Kenapa? karena pengunjung biasanya akan lebih tertarik mengklik banner atau iklan pada niche blog karena memang ditargetkan untuk pengunjung, dan iklan nya pun sangat berkaitan dengan tema blog.

Lebih Disukai Mesin Pencari (Search Engine)

Mesin pencari seperti Google, Yahoo, MSN dll lebih menyukai blog yang konsisten pada satu tema. Hal ini menunjukan ototoritas blog tersebut. Otoritas ini biasanya timbul dari tulisan yang dibuat tidak asal-asalan.. kenapa? karena sobat... Sang Ahli

Itulah diantara keuntungan niche blog. simak keuntungan General blog....

Keuntungan General Blog (Umum)


Lebih Cepat Tenar

Karena mencantumkan berbagai berita /artikel maka blog general akan lebih cepat tenar kalau dibanding niche blog. Akan tetapi, setelah naik biasanya akan stagnan, diam disitu saja, kemudian ketenarannya akan terkalahkan oleh niche blog.

Banyak Hal Yang Bisa Ditulis

Dengan tidak berfokus pada satu tema, maka general blog tidak usah takut kehabisan ide... apa pun yang dilihat atau didengar, bisa langsung menjadi bahan tulisan. Tidak seperti niche blog, yang tidak boleh melanggar tema blognya.

Kesimpulan


Dari 2 tema blog di atas, saya lebih menganjurkan niche blog daripada general blogging dengan berbagai keuntungannya. Apakah benar-benar harus niche blog? tidak juga, seperti yang saya tulis di atas, tergantung tujuan sobat membuat blog.

Satu hal lagi, apabila belum faham dengan kelebihannya, niche blog saya ibaratkan dokter spesialis, dan global blog seperti dokter umum. Penting 2-2nya, tapi mana yang lebih ahli? mana yang lebih mahal?

Selamat memilih dan happy blogging...
Disqus Comments