Menyembunyikan Label, Author dan Jumlah Komentar pada Halaman Statis

Menyembunyikan Label, Author dan Jumlah Komentar pada Halaman Statis - Halaman statis atau Static Page biasanya digunakan untuk menyimpan dokumen About, Daftar Isi, Contact dll. Pada halaman statis biasanya tidak dimunculkan Label, Author, Tanggal postingan dan jumlah komentar. Akan tetapi beberapa template mungkin saja pada halaman statis ini memunculkan Label, Author dsb.halaman statis

Artikel ini berasal dari adanya pertanyaan sahabat tentang cara menyembunyikan beberapa hal di atas. Sebetulnya bagi sahabat yang sudah faham menyembunyikan objek pada artikel atau halaman statis, yaitu menggunakan Tag Kondisional. Sebelum menggunakan tag kondisional tentunya harus faham dulu markup HTML dari tempalte yang dipakai.

Bagi sobat yang belum faham, saya akan jelaskan step by step cara penggunaannya. Disini saya akan menjelaskan dengan inspect element atau memeriksa elemen, selanjutnya penggunaan tag kondisionalnya.

Inspect Element pada Static Page


Untuk mengetahui elemen atau objek mana yang akan disembunyikan, buka salah satu halaman statis di blog sobat, kemudian lakukan langkah-langkah ini :

1. Blok pada Label/Author/Komentar
2. Klik kanan pada blok tersebut.
3. Klik Periksa Elemen / Inspect Element.

inspect element

Setelah itu akan muncul kurang lebih seperti ini (saya menggunakan browser Google Chrome)

inspect element

Perhatikan pada gambar, pindahkan mouse satu persatu pada blok HTML, lihat ke atas, apabila sudah terblok semua, berarti elemen itulah yang kita cari.

Pada gambar di atas kita menemukan <div class="postmeta"> dan pada CSSnya .postmeta. Setelah mendapatkan markup HTML dan CSSnya, langkah selanjutnya adalah menyembunyikan elemen tersebut dengan Tag kondisional.

Menyembunyikan Elemen dengan Tag Kondisional.


Tugas saat ini adalah menyembunyikan .postmeta dari halaman statis. Maka simpan kode ini di bawah ]]></b:skin>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
<style type="text/css">
.postmeta{display:none}
</style>
</b:if>
Kode di atas artinya, apabila pada halaman statis maka .postmeta sembunyikan.
Setelah selesai simpan template.

Penggunaan Tag Kondisional ini bukan hanya untuk menyembunyikan label, author, tanggal posting dan jumlah komentar saja. Lebih jauhnya bisa menyembunyikan komentar, sidebar, posting lama, posting baru di bawah artikel dsb.

Sebagai contoh, saya ingin menyembunyikan label seperti di atas, kemudian share facebook misalnya dibawah, komentar, dan posting terlama dan terbaru. maka kodenya seperti ini :
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
<style type="text/css">
.postmeta, .post-footer, #comments, #blog-pager{display:none}
</style>
</b:if>
Silahkan dipelajari sendiri caranya  :)

Artikel Terkait

Disqus Comments