Heboh! Blog Terselubung Dihapus Google

Terselubung.blogspot.com - Berawal dari blogwalking ke blog sahabat +Saeful Rahman saya mendapat kabar bahwa terselubung.blogspot.com telah dihapus google. Setelah saya telusuri di om gugel ternyata lumayan jadi trending topic saat ini.

Mungkin ada sahabat yang belum tau apa itu Blog Terselubung, blog terselubung yang beralamat terselubung.blogspot.com, merupakan blog yang memuat artikel unik dan aneh. Sepengetahuan saya, data terakhir blog terselubung ada di PR4 dan alexa 16ribuan. Blog ini menjaring puluhan ribu visitor setiap harinya dan konon katanya, pemilik blog bisa meraup puluhan juta dari blog terselubung ini.

terselubung

Namun saat ini terselubung.blogspot.com telah almarhum :) kemungkinan besar penghapusan blog ini tidak mematuhi TOS Google sebagai layanan yang digunakan. Diantara penyebab dihapusnya blog terselubung ini, yaitu content copy paste. Karena keseluruhan isi blog tidak ada hasil tulisan sendiri, melainkan hasil copy paste dari blog lain.

Dengan melakukan copy paste, banyak yang merasa dilanggar hak ciptanya. Wajar saja jika orang yang tulisannya di-copas tersebut merasa tidak terima, sebab untuk menulis sebuah artikel membutuhkan waktu yang lama dan bukan merupakan hal yang mudah banyak bisa berhari-hari dan melalui penelitan atau penelusuran yang memakan waktu beberapa jam. Dengan banyaknya konten copy paste ini, semakin dekat dengan penghapusan dari fihak google.

Andai saya pemilik blog terselubung, tentunya saya akan merasa sedih dan galau :)  bagaimana tidak, blog kesayangan, apalagi menghasilkan telah dihapus. Tapi inilah resiko, resiko ketika tidak mengindahkan aturan. Dimanapun dan kapan pun, ketika aturan telah dilanggar, maka harus berhadapan dengan resiko.

Penghapusan blog terselubung, tidak mematahkan semangat admin terselubung, kini telah berganti domain dengan WP sefhosted yaitu terselubung.co.id.

Banyak pro kontra dengan penghapusan blog terselubung ini, diantara banyaknya komentar pro yang saya capture (screenshoot dari terselubung.co.id)

terselubung

Dan inilah beberapa komentar yang kontra (screenshoot dari terselubung.co.id dan didno76.com)

terselubung

Nah, bagaimana dengan sahabat Blog Kang Ismet? pro atau kontra?

Senada dengan para komentator, saya juga merasa bingung, ko bisa menggunakan .co.id? padahal kan untuk perusahaan. Just info, syarat domain .co.id :

Dokumen identitas yang dapat digunakan untuk pendaftaran domain .CO.ID ialah:
  • Akte Notaris (bila tidak ada SIUP)
  • SIUP
  • Surat Bukti Kepemilikan Merk atau Hak Paten (bila memakai merek terkenal)
  • Kartu Identitas Penerima Kuasa (KTP/ SIM/ Pasport).
Ketentuan khusus pendaftaran domain perusahaan .CO.ID:
  • Domain CO.ID ditujukan untuk organisasi komersial yang pada ketentuan dan kebijakan selanjutnya hanya diperuntukan bagi perusahaan swasta yang memiliki badan hukum.
  • Perusahaan yang dapat mendaftarkan dalam “CO.ID” harus merupakan badan hukum sah yang memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) atau badan hukum sah yang berbentuk PT, PK, atau Firma yang memiliki akte serta izin usaha yang terkait.
  • Perusahaan yang mendaftarkan dalam merek dagang harus merupakan perusahaan pemilik hak merek dagang yang bersangkutan. Identitas yang digunakan untuk pendaftaran adalah Surat Bukti Kepemilikan Merk yang disahkan oleh Departemen Kehakiman RI.
Setelah melakukan tracking, ternyata domain ini sudah dipersiapkan sebelumnya, terdaftar tanggal 13-02-2012. Bener komentar Kang Didno.. sudah siap dibanned :)

terselubung

Pelajaran yang diambil


Dibalik apapun yang terjadi, pasti ada hikmahnya. Berikut pelajaran yang bisa saya ambil dengan penghapusan blog terselubung.

Sisi Positif Blog Terselubung
  • Setiap kerja keras akan membuahkan hasil. Menurut data yang saya dapat, blog ini awalnya hanya iseng dan sebagai diary saja. Semakin ditekuni, akan membuahkan hasil.
  • Jangan remehkan kekuatan sosial media seperti Twitter atau Facebook. Blog Terselubung sebenarnya lemah di sisi SEO, tapi bisa meraih pengunjung dari sisi sosial media.
  • Konsisten. Blog ini konsisten menyuguhkan hal yang unik dan aneh, sehingga pengunjung akan kembali untuk menemukan hal-hal baru yang ingin diketahui.
Sisi Negatif Blog Terselubung
  • Harus mentaati aturan. Aturan tertulis ataupun tidak tertulis tetap harus dijaga dalam hal apa pun.
  • Jangan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan.
  • Menghargai hasil karya dan jerih payah orang lain.
Itulah sebagian sisi positif dan sisi negatif dari blog terselubung yang bisa saya cerna. silahkan tambahkan dan bagaimana pendapat sobat mengenai hal ini....

Artikel Terkait

Disqus Comments