Memasang Author Rich Snippet di Blog - Tutorial ini masih lanjutan dari artikel sebelumnya (baca: Mengenal Google Rich Snippets dan jenisnya). Sebenarnya tutorial ini sudah banyak di share oleh sahabat blogger dengan judul Menampilkan Photo Author Blog di Hasil Pencarian. Akan tetapi dari sekian banyak tutorial, ada yang benar dan ada juga yang hanya copy paste, tanpa cek dan ricek kebenarannya.author

Penggunaan Author snippet ini akan berpengaruh dalam SERP. Dengan memasang Author Snippet artinya mengklaim kepemilikan blog dengan akun Google+. Google+ merupakan jejaring sosial milik Google, dengan meklaim kepemilikan blog, maka akan bertambah kepercayaan google terhadap blog tersebut dan akan menampilkan avatar kita pada pencarian Google.

Untuk menambahkan Author snippets, ikuti langkah-langkah mudahnya :

Langkah 1 : Tambahkan Tag Author

Simpan kode ini dibawah <head>

<link href='URL-google-plus' rel='author'/>

Edit URL-Google-Plus dengan url sobat, maka jadinya kurang lebih seperti ini :

<link href='https://plus.google.com/113292956133224747560/' rel='author'/>

Langkah 2 : Tambahkan Kontributor

1. Masuk ke Pengaturan akun : https://www.google.com/settings/account
2. Klik Edit Profil Anda

author rich snippets

3. Scroll ke bawah, Klik Edit pada Kontributor di
4. Tambahkan link blog sobat, dan Simpan.

author rich snippets

Semoga bermanfaat...

81 komentar

pernah denger namanya cuma belum paham :D .

Balas

sudah mas, tp kok nggak muncul ya? cuma rating rich snippet aja yg muncul :(

Balas

supaya photonya bisa mejeng di halaman pencarian google jeng :)

Balas

kalau tambah rating, biasanya jadi bergeser ke bawah sob....

Balas

ane pernah pasang dari kapan tau, tapi digugel blum muncul" ya?

Balas

Mantap kang artikelnya.. akan saya terapin, mungkin yang ini berhasil ^_^

Balas

Ijin coba, kang. Nanti kalu bingung boleh tanya lagi ya, kang :)

Balas

kang apa jumlah minimal teman dalam lingkaran atau circle google+ kita yang harus lebih dari 50 orang untuk bisa ditampilkan di search engine Google..?

Balas

seepp.. masang muka digoogle.... |o|

Balas

maaf saya keluar topik nih kang
ternyata akang tuh penyiar juga ya .. satu hobi dong
kalau boleh tau radio bandung nya apa kang

Balas

Hanya segitu aja kang???
Simpel banget ya, dari tutorial2 yg pernah saya temui, kode yg dimasukkan untuk menampilkan photo author rich snippet di pencarian Google itu kodenya banyak.
Tapi punya kang ismet ini simpel dan mudah dimengerti, oh ya pada kode rel='author' diatas apakah bukan rel='publisher' kang???
Thanks before !

Kang, saya koment ini via UC Browser, kalo pake Opera Mini masih nggak mau muncul kotak koment nya :(

Balas

iyha saya juga pernah pake opmin gak muncul,tk kira cuman aku aja..hahahay

Balas

Ya saya setuju kang dengan alenia kedua...siippp... :D

Balas

Wah caranya ternyata begitu ya kang? Kemaren saya sudah coba pakai cara yang sama dengan tutorial di atas, alhasil... tetep gak muncul kang di hasil pencarian! Tapi di-test di rich snippet mah muncul! Lieur euy.. (apa caranya udah bener, tapi harus nunggu beberapa minggu dulu ya baru muncul?)

Btw, kemaren saya dapet cara lain memverifikasi authorship, tapi saya kurang begitu mengerti (maklum newbie), jadi mending saya bawa kesini aja : https://plus.google.com/authorship. Ya siapa tau kang Ismet berkenan menjelaskan langkah-langkah nya sesuai instruksi di dalam link tsb. Hihi peace kang.. :)

Balas

Coba bantu mas...

Sudah dihubungkan blog sama akun G+-nya ?
Dashboard >> Google+ (hubungkan blog dgn Google+) kemudian ikuti step selanjutnya sampai selesai.

Balas

Saya rasa sudah terhubung mas. Dari blog ke G+ dan dari G+ ke blog sudah saling terhubung dan saling mencintai satu sama lain. Hehehe.. Bahkan parameter rel=author sudah terpampang gagah di script html. rel=publisher juga sudah! Keterangan di rich snippet juga sudah menunjukkan bahwasanya link profile G+ saya memang ter-klaim sebagai author blog saya. Tapi tak kunjung muncul juga di SE, makanya lagi bingung nih mas harus diapain lagi kira2. :P

Balas

Coba masukan emailnya dihalaman https://plus.google.com/authorship sob dan Daftarkan kepemilikan

Balas

Sudah pernah coba kang! Yang ada setelah masukin email, ada konfirmasi sukses memang, tapi yang masuk ke G+ malah link official gmail. Sepertinya email yang dimaksud disitu bukan email semisal gmail dan semacamnya kang, tapi email custom blog/website.

Balas

pilih foto keren dulu sebelum nampang di Google, hehehe

Balas

|o| yeeehhh ,, mau coba ah kang xixix :D atur nuhun :)

Balas

kang, thank you, foto saya dah muncull

Balas

mayan nih, jadi artiss di google :D

Balas

akhirnya di post juga, makasih kang mau praktek dulu. :-d

Balas

keren mas,,,owh ya saya tunggu ya dengan tutorial event snippetnya mas :D

Balas

kira - kira butuh berpa lama Author Rich Snippet muncul di SE setelah pemasangan ? Soalnya saya sendiri sudah pasang, namun belum membuahkan hasil. :p

Balas

yeyeye , foto aku nemplok di search engine :D .. makasih kang info nya ^_^

Balas

Punteun kang, bade naros..
Sya sdh berhasil pasang Author Snippet sprti tutor akang,
kira2 bsa ntue kalau sya pasang lagi rating bintang snippet?
Kalau bisa kumaha carana?

Hatur nuhun sebelumnya dan salam kenal dri nubie :)

Balas

biasanya di double.. cuman authornya jadi d bawah. coba cari di si mbah gugel, pasti banyak ko:)

Balas

Di double maksudnya di kasih rel="publisher" lagi diatas rel="author" gitu?
Lalu apa nggak kode-kode tambahan lainnya?

Balas

kalau rel='publisher' itu untuk halaman google plus, coba cari dengan kata kunci 'memasng bintang rich snippet dengan author'

Balas

Oke kang, hatur nuhun
Aku tunggu kang Ismet buat tutornya aja deh, karena lebih mudah dipahaminya :)

Balas

Udah saya terapin mas |o| , makasih banyak

http://www.mas-arul.com/

Balas

Postingan yang laennya mana kang tentang Rich Snippet ? yang ini belom ane coba lagi mau,heuheyyyy

Balas

wkwkkw... blom sempet sob.. kapan2 saya share :)

Balas

Numpang tanya lagi kang. Sya sudah ikuti cara diatas, tp kok blum tampil juga foto profile di hasil pencarian. Mungkin kang Ismet punya solusi lain.
Terima kasih sebelumnya :)

Balas

membantu sekali kang ismet kunjungi juga http://nekodia.blogspot.com/ terima kasih.

Balas

kang kenapa bintangnya ga muncul ya?? fotonya juga

Balas

Kalo biar yang mejeng itu gambar postingan ada gak kang.. ??

Balas

wah simple amat kang!
- salam damai -

Balas

Saya coba dulu caranya kang :D biar fotonya mejeng di google :D

http://www.mestiqui.com/

Balas

kang ismet mohon pencerahannya, saya kan sudah membuat author rich snippet ini dan alhamduillah berhasil dan sudah muncul di SE Google, tapi sehari yang lalu saya mendapatkan inbox di email saya dari google yaitu tentang url khusus, nah pada saat itu saya tidak langsung menggunakan url khusus tersebut karena teringat oleh author rich snippet ini,

karena url google+ saya yg saya gunakan pada saat membuat author rich snippet dulu adalah url yg menggunakan nomor id seperti tutorial kang Ismet di atas, yaitu .....google.com/116574253515367930225/ dan inbox di email saya itu tentang rekomendasi google, untuk menggunakan url khusus google+ yg jadinya ...google.com/+heriyantosaputramandala

nah yg ingin saya tanyakan kepada kang Ismet adalah, jika saya menerima dan menggunakan url khusus tersebut, apakah url google+ yg sudah saya pasang di script/kode author rich snippet harus saya ganti juga dengan url khusus yg saya terima dari rekomendasi google?

terimakasih kang Ismet, atas perhatiannya

Balas

mau diganti boleh.. digantipun ga apa2.. soalnya walaupun ga diganti tetep ke url khusus

Balas

oh begitu yah kang, terima kasih banyak kang atas pencerahannya, sukses sselalu buat blog.kangismet.net , Amin :)

Balas

Numpang tanya Kang Ismet.
Sekarangkan URL Profil G Plus ada yang custom URL. Nah kira-kira kalau kita ganti custom url itu, ngaruh ga dengan snipet hasil pencarian?
trims

Balas

ga.. sama aja ko sob soalnya tetep walaupun menggunakan yang pake nomor di redirect ke custom URL

Balas

Kang , Kunaon nya Teu muncul Muncul wae Gambar Jelema na Teh :(

Balas

Betul juga kang. Barusan saya coba ganti ke custom url, ternyata snippet ga ilang. Makasih ya kang.

Balas

Kang Ismet,,,,
Nah seandainya satu blog punya lebih dari dua penulis, apakah trik ini bisa menampilkan wajah masing2 si penulis atau nggak ya ?

Balas

sepertinya itu gak bisa mas soalnya itu nanti fotonya akan tampil di mesin pencarian google ;)

Balas

kang ismet emang okepunya ;0

Balas

artikelnya sangat bagus dan sangat bermanfaat, makasih
semoga sukses saja.. dan salam hangat buat admin blog dari ibbenk21

Balas

There's something wrong with the link you clicked to verify your email address. Try pasting the entire link into your browser.
Kenapa ya saat vertivikasi sellalu gagal mohon pencerahan,nya..

Balas

salam semuanya, salam silaturahmi, alhamdulilah permasalahan ini bisa saya kerjakan, terimakasih...

Balas

sip ijin coba kang, terima kasih share nya

Balas

gimana caranya untuk masang rich snippet buat bisnis , kang? kan yang saya tahu kalo rich snippet business tuh ada peta nomor telp dan lain-lain,, smoga, kang ismet bisa bantu, makasih

Balas

lengkapnya di sini sob :
https://support.google.com/webmasters/answer/146861?hl=en

Balas

nyari nyari tulisan kontributor di kok enggak nemu ya kang

Balas

maaf kang bukanya nyepam,kontributor di sudah ketemu,biasanya berapa hari muncul rich snippet.saya pernah baca di sebuah artikel,katanya kalau memasang ini ada juga yang beresiko

Balas

cuman mau bantu / ngasih solusi sob :D

coba check dimari : https://www.google.com/business/placesforbusiness/

Balas

Di blog sebelah ada yng bilang berbahaya pasang snippet kang..

Balas

makasih mas.. sangat membantu artikelnya..
bisa kunjungi saya disini oke mas

Balas

Wah baru denger dan baru sya coba juga ni, semoga bisa bermanfaat

Balas

kurang ganteng, jadi teu muncul.... hahaha :D

Balas

ok keren ,,udah jadi,,, siip,, makasi artikelnya...

Balas

kang saya udah ngikut tutorial nya tapi tetep gak muncul di google maupun di snippet...

Balas

Kang, saya menggunakan template Fastest Magz v3, kan tertulis bahwa richsnippets dihilangkan. Lantas bagaimana cara untuk mengembalikannya ? Terima kasih

Balas

Saya sudah mengikuti tutorial ini sama persis kang, tapi, SERPnya kaya gini gimana kang? bukan Blognya yang tampil malah Google plusnya? Mohon pencerahannya?
https://lh6.googleusercontent.com/-6z9x3N6adDY/U5QDgUUYCOI/AAAAAAAABqE/a5NsmLesGUI/h80/Capture.JPG

Balas

Itu karena login ke akun Google mas, coba dilogout dulu atau gunakan Private browsing atau browser lain.

Balas

terima kasih infonya, tapi bisa lihat screen shootnya gak?

Balas

akan saya coba terapin disini kang http://cuyexsputra.blogspot.com/

Balas

terima kasih tutorialnya kang

Balas

Gambarnya harus manusia loh!! kalau binatang / tulisan gak bisa nangkring di SERP gan! Google itu Cerdas!!! Berdasar pengalaman

Balas

saya kok gak bisa ya pasang richsnippet pada blog saya

Balas

Poskan Komentar


×
Chat