Kenapa Saya Rajin Ngeblog?

Kenapa Saya Rajin Ngeblog? - Ada pertanyaan yang unik dari sahabat pengunjung blog saya ini, yang memicu saya membuat artikel ini. Inilah pertanyaan sahabat David Mancap :blogging
Mas, tanya donk... apa rahasianya kamu rajin banget ngeblog... ga capek atau males gitu??
Mungkin di antara sahabat yang lain ada yang menganggap saya rajin ngeblog, kenapa? ga cape? ga ada kerjaan? apa ada hasilnya? dan-lain-lain.

Akhir-akhir ini memang saya usahakan membuat satu artikel perhari atau per 2 hari. Tentunya bukan tidak ada tujuan, kenapa saya membuat target artikel dalam blog saya.

Sekilas Tentang Saya

Saya bukan ahli IT, bukan praktisi SEO, bukan pakar blogging ataupun sebagainnya. Jam kerja saya yang pasti, diluar kesibukan lainnya mulai pukul 07.30 - 12.30. Jadi, masih banyak waktu luang untuk berselancar di dunia maya.

Di sela waktu kosong itu lah, berbagai artikel saya telusuri baik sekedar membaca atau membuat artikel. Hanya info saja bagi sahabat, saya sudah kurang suka dengan Facebook, jadi sangat jarang sekali membuka FB.

Kenapa Rajin Update Artikel?

Ini hanya pengalaman pribadi saja, siapa tau ada manfaatnya buat sahabat yang membaca artikel ini. Beberapa alasan di bawah ini yang mungkin saya rajin untuk update artikel (kalau lagi rajin... hehe)

01Konsisten

Ketika kita sudah memutuskan untuk membuat blog, tentunya kita harus konsisten untuk mengisi atau mengupdate artikel. Itu pun kalau ingin postingan kita banyak dikunjungi dan berjaya di Search Engine seperti Google. Banyak orang yang sukses di dunia blogging karena konsistensi mereka dalam hal blogging.

Saya pernah membaca, orang Indonesia yang termasuk blogger sukses di kancah Internasional, tiap harinya mempublish 4 artikel, dan sudah siap dengan 20 Artikel yang siap publish untuk hari berikutnya. Inilah konsistensi.

Saya tidak seperti itu, karena banyak kegiatan yang lain yang harus saya kerjakan. Blogging hanyalah pengisi waktu luang bagi saya. Tapi setidaknya gambaran di atas memotivasi saya untuk 'mencoba konsisten' dalam hal blogging. Walau pun tidak saya pungkiri ada saatnya males untuk ber-blogging ria.

02Solusi

Ada di antara sahabat yang bertanya, bagaimana caranya ini, bagaimana caranya itu, dsb. Apabila solusinya telah saya tulis, saya tinggal menunjukan caranya. Akan tetapi apabila belum ada, otomatis saya membuat artikel baru sebagai solusi atau jawaban dari pertanyaan sahabat. Sekaligus saya berterimakasih kepada sahabat yang bertanya, karena saya menjadi punya bahan /ide untuk artikel baru.

03Dunia Internet Menjanjikan

Awal saya mengenal internet, kurang lebih tahun 2000-an. Akan tetapi awal saya memasang Speedy Home tahun 2008. Waktu itu saya belum kenal dengan dunia blogging. Saya lebih berkonsentrasi ke dunia Desain. Dan sampai saat ini sedikit2 saya masih menggelutinya.

Saya bilang dunia internet itu menjanjikan, ini bukan omong kosong... Moon maaf sebelumnya, bukan mau menyombongkan diri, hanya untuk memotivasi sahabat saja, kalau saya total dari mulai tahun 2008, penghasilan saya dari dunia internet lebih dari 100 juta, penghasilan terbesar saya dapat dari dunia Desain. Beberapa desain yang telah saya buat diantaranya : logo baru Kahitna, logo FitaFloor.co.uk, logo SouthPadreTrips.com, logo JobKatch.com, logo QuietLightBrokerage.com, kartu nama manager FireFox, beberapa banner dsb.

Terlepas dari dunia Desain dan kembali ke Blogging, sedikitnya blog saya pun menghasilkan,terbukti ada beberapa pemasang iklan di blog saya. Dengan kondisi ini tentunya saya harus mempertahankan rank blog saya.

04Fasilitas

Diantara faktor pendukung saya rajin update yaitu adanya fasilitas, ada beberapa laptop, desktop PC dan otomatis Speedy Home unlimited. Dengan berlangganan speedy unlimited ini, sayang dong kalau ga dipake :)

Mungkin beberapa hal di atas menjadi faktor pendorong, kenapa saya 'rajin' update artikel. Selain hal di atas, ada juga akibat blog ini saya tinggalkan. Pernah saya membiarkan blog ini beberapa lama tanpa update, maka akibat yang saya rasakan adalah :

01Peringkat di Search Engine Merosot

Setelah saya malas update artikel, begitu saya cek artikel saya jauh merosot pada pencarian Search Engine seperti Google. Tadinya berada di peringkat pertama, menjadi merosot menjadi halam 2, 3, 4 dst.

02Tidak Langsung Tampil di Google

Efek selanjutnya yang saya rasakan, ketika malas mengupdate artikel adalah Google tidak langsung meng-crawl blog saya, butuk waktu 1-2 hari baru artikel itu muncul. Setelah kembali rajin update artikel, maka artikel saya langsung muncul pada urutan pertama dalam hitungan menit, bahkan detik.

03Membosankan

Banyak blog yang sering saya kunjungi, baik lokal ataupun luar. Apabila blog tersebut rajin update, saya semangat dan sering mendapat informasi baru. Akan tetapi, ketika sebuah blog jarang update, hari pertama saya kunjungi masih itu, hari ke-2, ke-3, ke-4 masih itu juga, akhirnya membosankan. Lama kelamaan saya jarang mengunjungi blog itu

Belajar dari hal inilah saya mencoba membuat pengunjung supaya tidak bosan mengunjungi blog saya.

04Ditinggalkan Pengunjung

Seperti yang saya sebutkan di atas, hal yang buruknya blog kita akan ditinggalkan oleh pengunjung setia. Yang kita tunggu hanya kunjungan dari Google. Bagaimana akan mendapat kunjungan, ketika di google pun ada dihalaman 10 ke atas. Akhirnya blog akan sepi dari pengunjung dan jelek di mata Search Engine.

itulah beberapa pengalaman saya yang bisa saya bagikan pada sahabat semua, semoga sahabat bisa mengambil hikmah dari apa yang saya uraikan di atas.

Happy Blogging.....
Disqus Comments