Kenapa Saya Rajin Ngeblog? - Ada pertanyaan yang unik dari sahabat pengunjung blog saya ini, yang memicu saya membuat artikel ini. Inilah pertanyaan sahabat David Mancap :blogging
Mas, tanya donk... apa rahasianya kamu rajin banget ngeblog... ga capek atau males gitu??
Mungkin di antara sahabat yang lain ada yang menganggap saya rajin ngeblog, kenapa? ga cape? ga ada kerjaan? apa ada hasilnya? dan-lain-lain.

Akhir-akhir ini memang saya usahakan membuat satu artikel perhari atau per 2 hari. Tentunya bukan tidak ada tujuan, kenapa saya membuat target artikel dalam blog saya.

Sekilas Tentang Saya

Saya bukan ahli IT, bukan praktisi SEO, bukan pakar blogging ataupun sebagainnya. Jam kerja saya yang pasti, diluar kesibukan lainnya mulai pukul 07.30 - 12.30. Jadi, masih banyak waktu luang untuk berselancar di dunia maya.

Di sela waktu kosong itu lah, berbagai artikel saya telusuri baik sekedar membaca atau membuat artikel. Hanya info saja bagi sahabat, saya sudah kurang suka dengan Facebook, jadi sangat jarang sekali membuka FB.

Kenapa Rajin Update Artikel?

Ini hanya pengalaman pribadi saja, siapa tau ada manfaatnya buat sahabat yang membaca artikel ini. Beberapa alasan di bawah ini yang mungkin saya rajin untuk update artikel (kalau lagi rajin... hehe)

01Konsisten

Ketika kita sudah memutuskan untuk membuat blog, tentunya kita harus konsisten untuk mengisi atau mengupdate artikel. Itu pun kalau ingin postingan kita banyak dikunjungi dan berjaya di Search Engine seperti Google. Banyak orang yang sukses di dunia blogging karena konsistensi mereka dalam hal blogging.

Saya pernah membaca, orang Indonesia yang termasuk blogger sukses di kancah Internasional, tiap harinya mempublish 4 artikel, dan sudah siap dengan 20 Artikel yang siap publish untuk hari berikutnya. Inilah konsistensi.

Saya tidak seperti itu, karena banyak kegiatan yang lain yang harus saya kerjakan. Blogging hanyalah pengisi waktu luang bagi saya. Tapi setidaknya gambaran di atas memotivasi saya untuk 'mencoba konsisten' dalam hal blogging. Walau pun tidak saya pungkiri ada saatnya males untuk ber-blogging ria.

02Solusi

Ada di antara sahabat yang bertanya, bagaimana caranya ini, bagaimana caranya itu, dsb. Apabila solusinya telah saya tulis, saya tinggal menunjukan caranya. Akan tetapi apabila belum ada, otomatis saya membuat artikel baru sebagai solusi atau jawaban dari pertanyaan sahabat. Sekaligus saya berterimakasih kepada sahabat yang bertanya, karena saya menjadi punya bahan /ide untuk artikel baru.

03Dunia Internet Menjanjikan

Awal saya mengenal internet, kurang lebih tahun 2000-an. Akan tetapi awal saya memasang Speedy Home tahun 2008. Waktu itu saya belum kenal dengan dunia blogging. Saya lebih berkonsentrasi ke dunia Desain. Dan sampai saat ini sedikit2 saya masih menggelutinya.

Saya bilang dunia internet itu menjanjikan, ini bukan omong kosong... Moon maaf sebelumnya, bukan mau menyombongkan diri, hanya untuk memotivasi sahabat saja, kalau saya total dari mulai tahun 2008, penghasilan saya dari dunia internet lebih dari 100 juta, penghasilan terbesar saya dapat dari dunia Desain. Beberapa desain yang telah saya buat diantaranya : logo baru Kahitna, logo FitaFloor.co.uk, logo SouthPadreTrips.com, logo JobKatch.com, logo QuietLightBrokerage.com, kartu nama manager FireFox, beberapa banner dsb.

Terlepas dari dunia Desain dan kembali ke Blogging, sedikitnya blog saya pun menghasilkan,terbukti ada beberapa pemasang iklan di blog saya. Dengan kondisi ini tentunya saya harus mempertahankan rank blog saya.

04Fasilitas

Diantara faktor pendukung saya rajin update yaitu adanya fasilitas, ada beberapa laptop, desktop PC dan otomatis Speedy Home unlimited. Dengan berlangganan speedy unlimited ini, sayang dong kalau ga dipake :)

Mungkin beberapa hal di atas menjadi faktor pendorong, kenapa saya 'rajin' update artikel. Selain hal di atas, ada juga akibat blog ini saya tinggalkan. Pernah saya membiarkan blog ini beberapa lama tanpa update, maka akibat yang saya rasakan adalah :

01Peringkat di Search Engine Merosot

Setelah saya malas update artikel, begitu saya cek artikel saya jauh merosot pada pencarian Search Engine seperti Google. Tadinya berada di peringkat pertama, menjadi merosot menjadi halam 2, 3, 4 dst.

02Tidak Langsung Tampil di Google

Efek selanjutnya yang saya rasakan, ketika malas mengupdate artikel adalah Google tidak langsung meng-crawl blog saya, butuk waktu 1-2 hari baru artikel itu muncul. Setelah kembali rajin update artikel, maka artikel saya langsung muncul pada urutan pertama dalam hitungan menit, bahkan detik.

03Membosankan

Banyak blog yang sering saya kunjungi, baik lokal ataupun luar. Apabila blog tersebut rajin update, saya semangat dan sering mendapat informasi baru. Akan tetapi, ketika sebuah blog jarang update, hari pertama saya kunjungi masih itu, hari ke-2, ke-3, ke-4 masih itu juga, akhirnya membosankan. Lama kelamaan saya jarang mengunjungi blog itu

Belajar dari hal inilah saya mencoba membuat pengunjung supaya tidak bosan mengunjungi blog saya.

04Ditinggalkan Pengunjung

Seperti yang saya sebutkan di atas, hal yang buruknya blog kita akan ditinggalkan oleh pengunjung setia. Yang kita tunggu hanya kunjungan dari Google. Bagaimana akan mendapat kunjungan, ketika di google pun ada dihalaman 10 ke atas. Akhirnya blog akan sepi dari pengunjung dan jelek di mata Search Engine.

itulah beberapa pengalaman saya yang bisa saya bagikan pada sahabat semua, semoga sahabat bisa mengambil hikmah dari apa yang saya uraikan di atas.

Happy Blogging.....

93 komentar

Ya persis seperti itu yang saya kerjakan sekarang kang. Karena saya kerja di rumah dari pagi sampai sore, blogging saya lakukan di sela-sela waktu kerja. Ketika mulai jenuh bekerja saya alihkan ke blog...begitulah hehehe...
Untuk konsisten itu pas banget, saya juga berusaha untuk terus konsisten sebagai rasa tanggung jawab saya terhadap blog yang telah saya buat.
Dengan blogging saya mendapatkan hal-hal dan ilmu baru juga sahabat2 baru.
Bedanya dipenghasilannya kang hehehe...belum mendapat hasil yang menjanjikan ...

Balas

terimakasih kang saya jadi termotivasi, semoga sukses selalu kang :D

Balas

sama berarti pengalamannya sob... kalau penghasilan sih ga jadi patokan :D

Balas

sama2 sob.... tapi tetep ingat tugas utama kita lho :D

Balas

ya semoga gak bener-bener ditinggalin #ngarep

diblog yg dulu aku jarang update, yg skrg juga lumayan sih .. lama-lama bosen juga , tapi kalo ada maunya misalkan cari info-info apa gitu nanti mulai semangat lagi, apa lagi kalo blog rame jadi semangat. :D .

Balas

wah pengalaman yang menarik mas :D perlu di contoh nih :D

Balas

mudah2an jeng... mudah2an rame trus.. sering blogwalking juga Insya Allah jadi rame :)

Balas

semoga jadi inspirasi sob

Balas

bisa jadi motivasi nih...

Balas

Makasih kang..berbagi semangat nih...kebetulan akhir-akhir ini lagi malas update artikel.
Kalau niat buat penghasilan lewat blog pasti harus rajin update Kang.
Penyakit satu ini malas seringkali menghinggapi saya ini

Balas

,hasilnya itu lho kang wow, sampe bisa buat umroh..hahahay
kang ismet kloq design pake software apa?
photoshop/corel?

Balas

|o| kang ismet dewasa pisan ! .. mantaaaap :-bd

Balas

ya... kalau blog cuma recehan aja sebenarnya... :) gara2 blog juga saya pernah jadi pemateri di salahsatu acara :)

Balas

hehhe... corel, photosop, sama AI sob...

Balas

hehehe... makasih sob...

Balas

aduh aya desainer... janten isin :)

Balas

mungkin yang membuat saya jarang update adalah karena koneksi internet saya........

Balas

Alhamdulillah...saya jadi semangat nih Om. mksh tips nya :-bd

Balas

|o| senasib kita sob,,
tapi setelah baca artikel ini, rasanya saya jadi semangat lagi untuk update blog saya
makasih tipsnya kang :D

Balas

Jam waktu kosongnya lumayan juga Mas,tapi itu dia Mas saya biasa rajin ngeblog tapi yang jadi masalah ide untuk postingan selalu saja susah untuk dicurahkan,terkadang mesti cari-cari info atau browsing-brwosing di beberapa web baru muncul ide atau gagasan baru yang bisa jadi acuan untuk posting. :)

Balas

bener kang...sebenarnya saya juga sama pingin seperti kang ismet,tp karena kerjaan yang tidak memungkinkan saya cuman update dua hari sekali,..

Balas

ayo update... update... :)

Balas

sama2... smoga bermanfaat

Balas

utamakan pekerjaan sob... blogging itu no kesekian..

Balas

:-bd, sangat termotivasi kang, memang dunia internet sedang booming, berkat internet juga kita bisa bersilaturahmi, sharing, dll
thanks kang Ismet, semoga makin sukses aja

Balas

Ikut nimbrung Kang.
Ngeblog masih menebak-nebak sambil mengisi waktu luang. Saya menyasar ke sini karena lagi bahas Akang :)
Salam kenal.

Balas

1 hari 1 artikel aja saya kira bagi saya cukup asal internet dan waktu mendukung haha, udah lulus SMP cari SMA dulu deh jadi ditinggal dulu aktivitas bloggingnya :D

Balas

Maaf Kang OOT ini : Tadi saya barusan berkomentar disin,kok tiba-tiba lenyap ya komentar saya,apa masuk spam?

Balas

manteeep bang, mmg kalau jarang update gitu, pasti di search engine merosot aku juga dulu pernah curhat tentang masalah ini :D

Balas

saya pernah baca satu arikel, jangan pernah biarkan ide itu hilang.... intinya catat pake notepad atau bookmark, yang kira2 bagus untuk postingan :)

Balas

Amiin... makasih sob... semoga silaturrahminya ga putus2

Balas

silahkan sob.. bahas apaan ya :D

Balas

salute deh.... baru lulus SMP sudah jago ngeblognya :-bd

Balas

wah ga tau sob.... itu kena sistem dari blogger aja

Balas

iya sob... ancur di SE

Balas

yg memotivasi saya adalah ketika saya jenuh dengan FB ,bukannya nyalahin FB kang tapi saya sering berantem gra2 FB makanya saya pindah ke blog, saya ngeblog baru 6 bulan kang .. dgn membaca ini saya jadi yakin kalau bloging bisa menghasilkan uang . walau terkadang saya suka pesimis karena saya gak yakin pada potensi bloging saya . haturnuhun kang

Balas

saya mah kalo memang ada yg di bagi ya bagikan, kalo gak ada mah ya diam gak mosting :D

Balas

Meta siang kang. Kenapa ya klo form komentar blog ini gk ada saat di akses lewat opmin tapi dari ucweb bisa tampil.

Balas

xixixi... betul sob.. FB kadang2 jadi masalah :)

Balas

tapi salut kang ben.. aya wae ide na

Balas

saya belum tau malah... nanti saya coba liat permasalahannya

Balas

wah,,hebat ya bisa dapet 100 juta,,, @@, top dah

Balas

bener kang,,saya juga pake opmin dan gak bisa buat komentar,,, :(

Balas

makasih om, sukses terus untuk blognya.

Balas

buat motivasi aja sob.... :)

Balas

Lewat hp kang klo ucweb bisa tapi klo pake opmin ilang....ini juga bisa koment lewt ucweb

Balas

setuju sama mas abdul .. hehe .. karena koneksi internet saya ..
seperti yg diupdatte kan di blog Mas Sugeng .. 'Smartkampret '

Balas

Wah, hebat banget nih kang ismet. Saya jadi termotivasi kang ismet. Terus semangat ngeblog ya mas, sukses selalu :) Saya terus mendukung kang ismet selalu, hehehe :D

Balas

|o| Dapat semangat baru... Awalnya sih mau udahan aja nulis, akhirnya hanya bisa kopas, dan akhirnya banyak ditinggal pengunjung... Akhirnya males mau nulis, akhirnya buang-buang waktu...
[catatan]Ngeblog adalah sebuah seni, seni tidak untuk mencari uang, tapi mencari kedamaian jiwa. (Syukur2 dapat uangnya juga :P)[/catatan]

Balas

iyaa.... padahal udah punya planing buat update beberapa artikel.. cuma koneksi internetnya ga update wkwkw.

Balas

bukan cuma blog ini kang, blog saya juga sama..

Balas

Kalo aku malah pernah membiarkan hampir 1 tahun dan hingga aku aja lupa email ama passwordnya. Keputusan untuk menyalurkan hobi ngeblog, aku buat lagi Nemu Kabar. Tapi agak bingung. Dari data statis aku lihat pengunjung lumayan, tapi tabel batangnya kok pendek2 banget.
Mungkin kang ismet bisa kasih solusi ?

Balas

nanti saya coba cari solusinya sob

Balas

xixixi.... tengkyu sob.. kaya pilkada aja

Balas

setuju... uang bukan tujuan blogging sob.. :D

Balas

mungkin cari kata kunci yang bagus sob... sama optimasi SEO nya jangan lupa

Balas

berarti emang blom support kali ya...

Balas

*ijinnnn maksudnyaa #kaborrrr :p

Balas

Sejauh ini sih aku udah coba pakai keyword yang friendly, dan template nya pun aku pakai punya Kang Ismet yang Super Seo. Abis buat artikel pun selalu aku daftarin ke Google. Image juga sudah friendly sesuai dengan tutorial yang kang Ismet kasih. Link pun sama. Lantas apa lagi Kang?

Data pengunjung sih aku fikir lumayan untuk Blog seumur jagung. Tapi Tabel batangnya pun kenapa kontet banget yak... ;(

Balas

wahhh salut nih buat kang ismet membuat saya bisa menjadi lebih semangat lagi dalam dunia blogger :-d

Balas

Mantab nih motivasi si akang buat nge-blog. Kalau saya nge-blog, karena memang saya diciptakan di dunia ini supaya kemudian bisa menjadi manusia yang bernilai. Ehh..perasaan gak nyambung deh! Hihi..pisss kang :D

Balas

hahahah... oleh karena itu makanya demikian :)

Balas

Terimakasih, kang ! Itu lumayan memotivasi saya untuk tetap semangat blogging !

Balas

|o| Mantap :-bd artikel ini saya sangat setuju.

Balas

wah saya harus banyak belajar nih sama kang ismet supaya bisa sukses menggeluti dunia blogging. Mohon saran dan bimbingannya kang :D

Balas

dari artikel di atas, saya jadi ingin lebih tahu gemana ceritanya kang ismet bisa buatin kartu nama manager firefox. Kan indonesia sama eropa jauh banget. Kenalannya gemana? jadi penasaran ceritanya sampe bisa buatin kartu nama untuk manager firefox. Bukannya desainer eropa juga ada? kok bisa malah kang ismet yang buatin ya? Kasih tahu dong ceritanya. Mungkin bisa memotovasi.

Balas

Awalnya saya ikut lomba di 99designs.com dan logotournament.com ya dari situlah, ada yang contact langsung, ada yang menang lomba.. :)

Balas

Hmm jadi ikut lomba mendesign gitu ya..

Balas

Betul sob... ada juga client tetap

Balas

Kang, itukan saya yang nanya :p wahahha dibikin juga artikelnya :D
Thanks kang

Balas

Tambahan: Boleh minta cara membuat kotak komentar begini gak? Yang bagus gitu :D

Balas

Saya udah buat di sini http://blog.kangismet.net/2012/12/komentar-bertingkat-seperti-wordpress-v2.html

Balas

wah mantap bisa jadi motivasi ane ni untuk rajin ngeblog..........................

thanks kang ismet

Balas

Waduh 100 Juta gile aje , mantap tuh kang , sukses selalu

Balas

jujur saya sangat termotivasi kang :)

Balas

makasih kalau bermanfaat sob...

Balas

semenjak saya kenal dengan yang namanya Blog, saya juga arang sekali membuka yang namanya Facebook.

Balas

Hebat kang ismet bisa memotivasi saya di blog fantasiku.com

Balas

mudah2an tambah rajin ngeblognya :)

Balas

Kang Ismet ini orangnya low profil banget, saya suka blog ini.. Banyak ilmu yang bisa saya gali dari blog ini kang

Balas

Ya memang faktor-faktor diatas yang menunjang kita rajin ngeblog, kalau saya lebih mempreoritaskan untuk menambah pengalaman kang :D

Balas

Artikelnya keren, jadi termotivasi... Mampir yuk : www.kursusmudahbahasainggris.com

Balas

sedikit termotivasi nich
setelah baca dari awal hingga akhir....
keren artikelnya kang

Balas

terima kasih sudah berbagi pengalamnannya kang, alhamdulillah saya bisa mendapat motivasi :-bd

Balas

pengalaman yang bagus dan sangat menarik sukses KI

Balas

Tertarik sekali pengalaman yang bisa bikin semangat ngeblog, akhir-akhir ini malas sekali, traffic turun

Balas

Poskan Komentar


×
Chat