ustadz jefri
Renungan Jum'at - Saat ini ummat Muslim Indonesia sedang berkabung, salah satu da'i muda yaitu Ustadz Jeffry Al-Bukhori atau yang sering dipanggil Uje, telah berpulang ke Rahmatullah. Beliau meninggal di Rumah Sakit Pondok Indah, Jumat (26/4) pukul 02.00 WIB. Uje mengembuskan nafas terakhir akibat kasus kecelakaan di bundaran Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Uje lahir  12 April 1973. Uje merupakan 3 dari 5 bersaudara yang ayahnya bernama Alm. H. Ismail Modal dan umminya bernama Ustz Dra. Hj. Tatu Mulyana. Ust Jefri memiliki kakak yang pertama Alm. Ust. H. Abdullah Riyad, kakak kedua Ust. H. Aswan Faisal, adik yang keempat H. Decky Fajar dan yang kelima Ustz Hj. Nona. Ust Jefri menikah dengan Pipik Dian Irawati pada 7 September 1999 dan mempunyai empat anak yang bernama Adiba Khanza Az-Zahra, Mohammad Abidzar Al-Ghifari, Ayla Azuhro dan Ataya Bilal Rizqullah.

Kenapa saya 'bahagia'?

Mungkin sahabat bertanya, disaat orang lain bersedih karena kehilangan beliau, kenapa justru saya merasa 'bahagia'?

Sahabatku, bukannya saya tidak bersedih, saya sangat merasa kehilangan dengan kepergian beliau, Nabi SAW bersabda, yang artinya :

"Barang siapa yang tidak sedih dengan kematian orang yang alim,maka orang tersebut munafik karena tiada musibah yang lebih besar dari meninggalnya orang yang alim."
Ingatlah sahabatku, ada dua hal dalam kematian ini, yaitu Tandzir dan Tabsyir. Tandzir yaitu peringatan, dan tabsyir adalah kebahagiaan.
Tandzir (Peringatan)

Wafatnya seseorang, tidak hanya Ustadz Jeffry mengingatkan kita akan kematian, semua kita akan mati. Mati itu tidak mengenal usia, bayi, remaja, dewasa, orang tua, pasti akan merasakan kematian.

Sudah siapkah kita? Kapan kita akan mati? Husnul Khatimah atau Su'ul khotimah? bisakah menjawab pertanyaan dua malaikat Munkar dan Nakir? Akankah kita menerima catatan amalan kita dengan tangan kanan atau kiri? Surga atau Neraka yang akan kita dapat?

Pertanyaan-pertanyaan di atas, dilontarkan oleh Rabi'ah Al-Adawiyyah, seorang janda yang dilamar oleh ulama Abu Yazid Al-Busthomi. Rabiah Al-Adawiyah berkata : "Bagaimana saya memikirkan nikah, pertanyaan tadi pun saya belum bisa menjawab".

Sahabatku, kehidupan dunia sangatlah sebentar, akan ada hidup sesudah mati dan akhirat sesudah dunia. Selagi kita diberikan kesempatan, marilah kita siapkan untuk menghadapi kematian.

Tabsyir (Kebahagiaan)

Inilah yang saya maksudkan, berbagai media telah memberitakan bahwa Uje mempunyai masa lalu yang kelam, tenggelam dalam dunia malam. Semoga Allah memaafkan kealfaan beliau.

Kebahagiaan yang dimaksud, adalah bahagia karena di akhir hayat beliau tidak lagi dalam kegelapan, bahkan Husnul khotimah, sebagai Ustadz yang memberikan peringatan kepada kita, tentang hidup dan kehidupan, tentang hidup dan apa yang terjadi setelahnya.

Akan sangat bersedih, apabila keluarga kita meninggal dalam keadaan mabuk, dugem, berjudi, terlena dengan dunia. Naudzubillah.

Dunia ini hanya sementara, kita milik Allah, dan satu saat akan kembali kepada Allah... Dan takutlah Engkau akan satu hari, ketika Engkau kembali kepada Allah...

"Ibumu melahirkanmu wahai manusia dalam keadaan menangis, sedangkan orang di sekelilingmu tertawa bahagia menyambut kelahiranmu...
maka berbuatlah untuk dirimu, agar ketika mereka menangis pada hari kematianmu, kamu tertawa bahagia.."

Semoga...

Sahabat, marilah kita tundukan kepala... Do'akan Sahabat kita, guru kita.. Ustadz Jeffry Al-Bukhory..
Al-faatihah.....

Selamat jalan sahabatku, saudaraku, guruku tercinta, semoga Allah SWT menerimamu di sisi-Nya.

32 komentar

Innalillahi wa innailaihi rojiun...ane sempet kaget dan gak percaya kalau Uje pergi secepat itu, kang.
Maklumlah...ane penggemar beratnya.

Semoga arwah beliau diterima di sisi Allah dan diampuni segala kesalahannya...amin.

Balas

semoga amal ibadah beliau diterima disisi Allah dan diampuni segala dosanya...amin
dan mudah2an kita bisa mengambil pelajaran darinya untuk segera memperbaiki diri...
“Demi Allah, seandainya jenazah yang sedang kamu tangisi boleh berbicara, lalu menceritakan (pengalaman (sakitnya) sakaratul maut) pada kamu sekelian, niscaya kamu akan melupakan jenazah tersebut, dan mulai menangisi diri kamu sendiri”. (Imam Ghozali mengutip atsar Al-Hasan)

Balas

Turut berdukacita atas kepergian Beliau. Bahkan saya yang non-muslim pun ikut merasa kehilangan, karena selama ini saya senantiasa senang pada saat berkesempatan mendengar beberapa dakwah Beliau di tv. Uje sudah menjadi inspirasi besar bagi banyak orang.

Semoga setiap orang yang mengenal Beliau senantiasa merasa 'bahagia' karena kebaikan, kekurangan, kebijakan, keikhlasan, dan kisah hidup Beliau semasa hidupNya. AMIN.

Balas

ya begitulah hidup sob... harus siap ditinggalkan dan meninggalkan

Balas

Amin.. sama sob, awalnya saya percaya ga percaya, tapi itulah ketentuan Allah..

Balas

turut berduka ..
saya juga sama seperti sobat cekidot gan , sempat gak percaya.. taunya aja dari berita di blog dan notif .

semoga amal ibadah beliau diterima disisiMU ya ALLAH .

Balas

Amiiin... hatur nuhun kang ah.. mugia nalika dugi kana waktosna, urang sing digampilkeun ku Allah.

Balas

terimakasih sob, saya sangat bangga dengan pernyataan sahabat, walaupun non muslim, tetap menjaga toleransi.. salute

Balas

Amiin... semoga saja jeng..

Balas

Saya ikut berkomentar, karena saya juga ikut berduka cita atas berpulang ke rahmatullah, salah satu tokoh muda, ustadz yang sudah banyak memberikan inspirasi dengan gaya dakwah yang khas.
Inalillahi wa ina ilaihi rojiun, semoga amal ibadah beliau diterima Allah SWT dan segala salah dan khilaf beliau mendapat Ampunan dari Allah SWT, Amiiin

Balas

"Walaupun hidup seribu tahun bila tak sembahyang apa gunanya,
Hidup didunia tidak berarti, Akherat disana sangatlah rugi"

Sepohon Kayu
UJ Al-Bukhori

Selamat Jalan,
Doa kami menyertai mu...

Balas

jalan kematian pasti akan terlewati oleh semua mahkluk hidup.namun manusia diciptakan Allah hanya untuk beribadah kepadanya,namun kdng kala kita selalu lalai untuk melaksanakan perintahnya.

Balas

sejuk banget kang, mengingatkan kita akan sebuah hal yang pasti datangnya, yaitu "KEMATIAN". Astagfirullah hal adzim.

Balas

Semoga diterima amalan ibadahnya dan diampuni dosa-dosa beliau aamiin

Balas

menguncapkan Bela sungkawa yg sebesar2nya kepada keluarga besar dan handai taulan Ustadz Jeffry Al Bukhari, semoga Allah menerima semua amal ibadanya dan semoga Almarhum di tempatkan disishNya. Untuk keluarga yg di tingggalkan semoga diberikan kesabaran.
Aamiiiiin

Balas

Betul banget nyanyian uje sob... semoga beliau diterima disisi-Nya

Balas

semoga kita diberi kekuatan untuk melaksanakan ketaatan

Balas

terimakasih sob.... semoga menjadi pelajaran berharga bagi kita

Balas

Amin Ya Allah Ya Mujiibas Saa-iliin

Balas

Amin Ya Allah Ya Rabbal'alamiin

Balas

Alhamdulillah, di akhir hayatnya beliau kembali dan berjuang dijalan Allah :)

Balas

Alhamdulillah.. ini yang saya maksud kebahagiaan..

Balas

sengat kehilangan sosok ustad gaul ini , ;'(

Balas

semua kita merasa kehilangan sob..

Balas

Terharu nih gan bacanya ..

Balas

Beliau menginginkan untuk kedepanya semoga ada lagi da'i da'i muda seperti beliau.. yang mampu membimbing masyarakat menuju jalan yang benar.. :D

Balas

sebagai ibroh buat kita sob..

Balas

amiin.. semoga saja, bahkan lebih baik

Balas

semoga amal dan semua ibadahnya d.terima disisi ALLAH SWT,., amin,.,.

http://caradaftarmemberacemaxs.com/cara-mengatasi-diabetes-kering/

http://apotekherbals.com/

http://refialiyefi.wordpress.com/

http://apotekherbals.com/cara-mencegah-radang-gusi/

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Poskan Komentar


×
Chat