Clone Template Blogspot / Blogger - Sebenarnya sangat mudah untuk clone (duplikat) template blogspot, sobat hanya diperlukan penguasaan CSS, HTML dan XML. Banyak tutorial cara clone template blogspot bertebaran di internet. Saya melihat banyak sekali template clone ini bertebaran, yang pasti blog-blog ternama yang jadi incaran para cloner.

Sangat disayangkan, ketika belajar tentang cara clone template blogger / blogspot ini hanya untuk dishare bahkan diperjual belikan. Menurut saya, blogger seperti ini tidak punya etika, dan bukanlah blogger sejati. Bayangkan, jika sobat sudah bekerja keras memoles template sobat sedemikian rupa, memakan waktu berhari2 atau minggu, kemudian dengan seenaknya di clone. rela?

Hari ini saya mengunjungi sebuah blog india, dan telah mengclone SpiceUpYourBlog.com tau dong? Setelah mengclone template, bahkan dia bilang, jangan menghapus link footer.. halaaaaaah.. sudah clone, pake merasa punya hak untuk copyright lagi...

Tidak dipungkiri, saya suka lihat source code (Ctrl+U), tapi hanya untuk mempelajari, dan dikembangkan atau dimodifikasi.

Salah satu blog saya pernah jadi korban cloning, kemudian hasil kloning itu dibagikan. Bahkan ketika surving di internet, hal yang menyedihkan dialami oleh sahabat Dede Hendriono pemilik Blogger Tune-Up. Setelah templatenya yang full jQuery di clone dan dijual hanya dengan harga Rp. 20ribu.

Apakah untung meng-clone template, kemudian membagikan atau menjualnya? Dalam artikelnya, Kang Dede Hendriono menulis bahwa Template Cloning merupakan Kreativitas Blogger yang Kebablasan. Bukan keuntungan yang didapat, bahkan kerugian. Saya share ulang disini.

Kerugian Pelaku Cloning Template


01Hilang Kehormatan
Apa keuntungan anda meng-clone template? visitor, alexa? pagerank? Berapa yang sudah anda peroleh dari jual beli hasil cloning? Itu tidak sebanding dengan hilangnya rasa hormat blogger lain. Bukankah blogger yang hebat itu adalah blogger yang dihormati sepanjang hari, bulan, tahun, bahkan bertahun-tahun? Apa yang kamu lakukan hari ini bisa saja mengakhiri semua mimpimu dimasa datang.

02Mematikan Kreatifitas
Bukankah dengan cloning anda tidak perlu bersusah payah mengumpulkan ide dan kemudian mengaplikasikannya? Lantas anda bangga dengan hasil karya orang lain yang anda jiplak? Hal termahal dari seorang blogger adalah "IDE". Dan ide itu bukanlah hal yang tiba-tiba datang menghampiri, perlu ilmu pengetahuan yang cukup, perlu sejumlah sahabat, perlu kemampuan dan masih banyak faktor lain untuk menumbuhkan ide dalam diri. Cukupkah semuanya hanya sampai ke ide? Tidak... Ide harus direalisasikan kedalam bentuk real agar orang lain bisa menikmati bahkan mengagumi hasil ide kita. Untuk merealisasikan ide maka kita membutuhkan disiplin ilmu tertentu dan itu berarti menuntut kita untuk belajar tentang ilmu yang bersangkutan dengan ide yang akan direalisasikan. Ketika ide mampu terealisasikan maka itulah kreatifitas.

03Terjebak
Seorang blogger yang sudah menikmati tindakan cloning akan terjebak didalamnya. Ia akan sulit keluar dari lingkaran cloning dan itu sama dengan mematikan kreatifitas dalam diri. Seorang blogger yang terkungkung dalam jebakan cloning akan diam menunggu mangsa atau justru haus untuk mencari target, ketika menemukan target ia tidak akan peduli lagi dengan sekitarnya. Seperti itulah yang kemudian terjadi dalam dirinya, terulang dan berulang-ulang. Bukankah yang demikian sama dengan terjebak? Diam, mencari namun tetap tidak bisa keluar.

04Stagnan
Blogger cloning akan merasakan stagnan dalam dirinya disaat ia sudah merasa lelah untuk melakukan cloning. Stagnan atau tidak ada perubahan justru akan membentuk blogger paling ego dan paling sombong karena tidak bisa merasakan orang lain atau bahkan tidak mampu menghargai kreatifitas orang lain. Harus diingat bahwa banyak blogger selain diri kita bisa melakukan cloning namun mereka tidak mengambil keuntungan dari cloning tersebut, karena mereka sadar, cloning tidak akan membuat dirinya berkembang dan dihormati.

05Keras Hati dan Kekanak-kanakan
Bukankah Cloning itu tidak ada Undang-Undangnya? Itulah yang akan sering digunakan sebagai alasan. Blogger syarat dengan blogosphere yaitu semangat untuk saling menghargai satu sama lain. Jangankan total mencuri (cloning) satu bagian saja kita mesti meminta ijin sang pemilik, karena blogger sebenarnya tahu bahwa mengambil secara keseluruhan sama dengan merampoknya. Satu bagian saja itu terkadang sang pemilik dengan berat hati memberikan ijin walau pemilik tahu mereka sudah mengambilnya. Disinilah terjadi interaksi yang membentuk peraturan-peraturan tidak tertulis, dan interaksi inilah yang akan memperat tali persahabatan antar blogger. Saling mempercayai dan menghormati merupakan kekuatan blogosphere yang tak ternilai harganya. Berlaku sebaliknya untuk para pelaku cloning, mereka sudah tidak peduli lagi apa yang terjadi yang penting diri sendiri sudah berhasil melakukan cloning, bukankah yang demikian adalah sebaliknya? Itu sama dengan menciptakan permusuhan. Dan permusuhan adalah hal yang tidak akan pernah selesai sampai kapanpun. Pepatah menyebutkan "Musuh satu terlalu banyak namun kawan seribu terlalu sedikit"

Masih mau sobat men-share ulang dan menggunakan template hasil cloning?

137 komentar

pake jalan murni aja kang kita donload template nya, kita edit sendiri kalo gak tau kan bisa tanya sama kang ismet heeeee, saya rasa itu lebih menyenagkan, dan lebih terhormat,heeee met mlm kang...!!!

Balas

setuju sob.. ini dia blogger sejati :-bd

Balas

mending download template buatannya kang ismet daripada menclone hahaha :D

Balas

Wah saya sangat setuju Kang Ismet
Selain merugikan bagi pemilik, pelaku pun merasa dia hebatwalaupun menurut saya itu tidak

Balas

Kalau pake tpl sndiri, trus editnya ngikut tpl org lain gpp kan kang?
Contohnya saya nih tplnya hampir menyerupai blognya akang hehe
Maaf kang... :)

Balas

setujuuuuu.... enakan tinggal pake daripada pusing2 clone :)

Balas

gak ada yang baru kang templatenya :D

Balas

Iya sob.. orang kaya gitu sudah tidak perduli dengan ingkungan, akhirnya akan dikucilkan oleh orang lain..

Balas

Punya ane dulu pernah di kloning gan......

Balas

sedikit mirip menurut saya ga masalah, asal jangan 100%... soalnya kit harus punya ciri tersendiri...

kalau menyerupai blog saya? ngefans ya... hehehehhe PD

Balas

gimana rasanya... enek ya gan? ya, sifat cloner itu kaya yang saya sebutkan di atas.

Balas

100%... jauuuhhh lah kang, akang master ane nubie jd gak mungkin sampe sama :P hehe

Tampilanya keren kang, sederhana dan polos gitu :D
jadi secara tdk lngsung ngefans donk hahahah

Balas

kurang kerjaan ya para cloner :D
tapi ada yg lebih parah tuh kang
template hasil download buatan orang terus diubah footer/hak ciptanya dan di sebarluaskan kembali dengan mengaku hak cipta miliknya

Balas

setali tiga uang sob... sama2 tidak beretika dua2nya. blog kaya gini ga bakalan naik, cuma sesaat aja biasanya.

Balas

terima kasih artikelx kang, sangat membangun.!, Alhamdulillah saran Kang ismet sdh sy Laksanakan. rasax jd plong..! *smile

Balas

Sama2 sob... tulisan ini juga berkat kunjungan saya ke blog sobat. Lebih tenang rasanya kalau share yang jauh lebih bermanfaat sob.. betulkan?

Balas

wah artikelnya bermanfaat sekali kang ismet,,,, di tunggu kunjungan baliknya ya kang

Balas

terimakasih sob... lagi ikut kontes ya? semoga menang deh... bagi2 ya kalau menang :)

Balas

Enak apanya gan...gak seru aja...persis banget tau gan....

Balas

Kalau bagi saya yang tidak banyak tahu mengenai template dan modifikasinya saya masih menggunakan template orang dan selalu menjaga link footernya pemiliknya.
Karena hal itu menurut saya pribadi adalah cara menghargai hasil karya orang lain dan itu juga merupakan kebanggaan bagi saya. Dan itu juga tidak akan merendahkan diri kita juga kok.

Terima kasih Kang Ismet telah banyak mengingatkan dan memberikan banyak pelajaran berharga untuk bisa menghargai hasil usaha keras seseorang.
Sukses terus untuk Kang Ismet denga hasil karya-karya dan artikel-artikelnya pula

Balas

bukan enak.. ENEK.. sebel... coba baca lagi :)

Balas

Terimakasih kang Ferry, saya salut dengan kepribadian blogger kaya kang ferry... tidak sedikit teman2 yang menghilangkan footer link, bahkan sebagian mengklaim buatannya.

Tapi, yang belum bisa saya lakukan... masih banyak software bajakan yang saya pake.. semoga kedepannya bisa lebih menghargargai hasil karya orang lain.

Balas

Nuhun banget informasinya yang begitu jelas, kang.
Jadi ngerti deh kalau pemakaian template hasil cloning itu di haramkan :)
Ditunggu lagi info-info bagus lainnya, kang!

Dan sukses terus wat akang :)

Balas

Sami2 sob... sing manfaat dunya akherat :) tambah keren aja nih directorinya. Hatur nuhun ah..

Balas

mending download template gratis aja dr pd clone :)
lg,an jg gk bsa dan gk ngerti cara nya :D haaha

Balas

sip sob... keren2 WP theme nya

Balas

mending download aja template yang gratis. tanpa menghilangkan credit link sebagai penghormatan kepada si empunya

Balas

ada tutorial bikin menu yang floating kaya punya agan gak?

Balas

nice info gan :)
syukur saya mencoba buat yang berbeda dari template yang saya suka..
dengan penambahan css dan perbedaan struktur template nya :)

Balas

setuju sob.... itulah blogger yang beretika seperti sobat :-bd

Balas

belum sob, nanti saya buat, tunggu aja

Balas

kereeen sob... lebih bangga dengan karya sendiri.. tul kan?

Balas

Sebenarnya apabila seorang blogger sudah bisa mengklone template orang berarti skill nya ud top tapi dari segi kreatifitas dan mental nol besar. Seorang kreator sejati tahu betapa sulitnya merancang template, oleh karena itu apabila dia membuat template yang sangat mirip dengan template lain, biasanya dia juga ikut menambahkan kredit kepada pemilik aslinya menambahkan di footer begini "this theme inspired by.....". Banyak juga yang pakai template gratisan yang menghapus kredit pembuatnya atau menambahkan nofollow. Mereka terpengaruh dengan ucapan para master SEO yg bilang setiap link keluar adalah kebocoran. Padahal apalah artinya 1 atau 2 link keluar yang menuju ke pembuat templatenya apabila dibandingkan dengan ratusan atau ribuan backlink yang mengarah ke blog kita kalau sudah dioptimasi. Oh ya Kang komentar saya pada posting template super seo belum anda balas

Balas

Setuju banget sob... sangat disayangkan memang, banyak yang tidak menghargai kreatifitas orang lain. Entah terpengaruh oleh master SEO, atau ingin oranglain beranggapan bahwa dia pembuat templatenya.
Btw.. komentar mana ya? maaf kalau sering terlewat, soalnya sering keluar...

Balas

betul.. ga ribet mikirin kode2 yang jlimet ya :)

Balas

belum buat lagi sob... lagi agak sibuk :)

Balas

kang Ismat, cobi mampir ka http://www.ivythemes.com/ :D

cobi tingal anu ieu http://www.ivythemes.com/2012/10/rbsimple-blogger-template.html

ieu template ni sami sareung anu di angge ku abi di http://www.kaze-kate.org/ :v haaaaaaaaaaaa

Balas

wah banyak disalah gunakan malahan ya ilmu2 hebat kayak gitu, apalagi yang jual parah banget

berhubung gak bisa bikin klo ane mah pilih beli :malu

Balas

Ah nyaeta bingung... aslina ieu nya kang http://metro-simple.blogspot.com/, edit saalit ngaku meunang nyalira :)

Balas

wkwkkwkw... ya gitu deh, banyak blogger yang ga bisa menghargai karya orang lain

Balas

Maaf kang mau nanya, kalau web orang lain saya CTRL+U / template orang lain saya convert ke web php (template cms)gitu termasuk cloningan ga kang? .terimakasih :)

Balas

kang ajarin aku cloning artis cwantik bahenol dong, buat koleksi bantal goleng aku. trims....

Balas

Asskum ...Kang Ismet Kumaha Damang ... heeuuh saya teh nyari2 artikel tentang buat breadcrum yang bisa terindex semuanya ... eh .. ketemu deh blog akang dan saya pake buat blog ini
dropshipping-businessman.blogspot.com

.. valid... semua label breadcrum terindex google...
HAtur nuhun ...
salam

Balas

aduh salah kometempatn ... maaf kang ...

Balas

inilah sifat blogger2 kita,,pasti ujung2nya duit(kayak ane) hehe

Balas

Kang ismet, mw request dunk leh ga? blog ku smentara dalam pengembangan... ku mw nyari template blog bernuansa Hijau Islami, yang ringan agar tidak membuat jenuh pembaca. krn tujuan gw di blog itu utamanya share info (dakwah) dan mudah2an klo bs berpenghasilan sendri dari konten blog nya... klo bs di luncurin lagi template islami yg ringan agar pembaca tidak terkesan bosan nantinya... mkasih sblmnya kang

Balas

parah bener sekarang blogger banyak yang main copas
menurut ane sech klu main asal copas ngapain harus ngeblog ?

Balas

nahh.. sekarang bagaimana cara agar source kode template kit atidak bisa di copy..??

Balas

mantap masukannye kang ismet...terimakasih

Balas

Masalah cloning dan komersil hasil cloning

wah kayaknya ada tuh templatenya "Mas sugeng v2" yang dikomersilkan, padahal sa alit anu di edit.. (nama blognya xxxxxxx)

patokan harga templatenya
Price :
20K Via Bank BCA
30K Via Pulsa Three

Kalo berbicara soal cloning template saya rasa hal yang wajar kang, tapi yah jangan asal cloning juga sih, disamping cloning template setidaknya kita juga harus mempelajari lagi fungsi-fungsi yang ada ditemplate yang kita cloning.
banyak sih sobat blogger lain yang saat ini jago ngoprek template dulu kerjaannya cuman ngloning template orang hingga bisa membuat template yang bagus hasil karya dia sendiri. ini berdasarkan pengalaman pertama kali saya ngeblog 2010 dulu (inisial blognya oxxxxxxxxxx.blogspot.com). sampe sekarang blog tersebut masih aktif memposting.

Balas

Ups, maksudnya blog yang berinisial oxxxxxxxxxx.blogspot.com bukannya saya :D . kalo blog yang sekarang saya asuh masih seumuran jagung :D

Balas

menarik kang, untungnya emg gak bisa cloning. . :D

Balas

Waduh saya gak ikutan nih soal cloningan, saya tau nya clone account bukan clone template..hihi :D

Balas

gak baik juga yah jd cloner hehehe...

komen back bang ;)

Balas

Halaaahh..... buruk muka cermin dibelah

Balas

makin mantap aja kang blognya, saya dari lama cuma dapat pr1 melulu

Balas

itulah yang terjadi..
kalo saya sendiri agak malu menggunakan kloning, apalagi persis, kecuali untuk dipelajari lalu dimodifikasi agar nampak beda.
sama kaya fashion, siapa sih yang ga malu kalo kebetulan make baju y sama di acara pesta #KataArtis :D
ditambah lagi udah jelas2 duluan orang lain make baju itu dan baju kita hanya jiplakan..! hahaha
kecuali ada bawa kantong plastik buat nyembunyiin muka...

yang parahnya menurut saya ulah pengkloning y ngeshare tapi creditnya seakan penuh punya dia hingga perlu dipasang script lagi. wkwk
*malahcurhat

Salam :)

Balas

http://www.Saeedbaba.com

nice and ala to wonderfuk post

Balas

Keren kang caranya...
Tapi gak keren juga klo ketahuan sama yang punya asline... :p

Balas

Wah... parah juga ya kalau kloning kloningan gitu... jadi gak bermutu lagi...

Balas

sifat masing2 dari seorang blogger memang berbeda, tapi dalam satu tujuan yaitu memberikan informasi :D

Balas

Alhamdulillah template saya bukan hasil cloning kang, tp di kasih ama pemilik templatenya, silahkan berkunjung kang heheee

Balas

setuju kang, bagi saya memiliki keasikan tersendiri saat berkreasi dengan memodifikasi template

Balas

Hmm, benar juga mas clone template itu kretive yang kebabalasan.
Tapi tidak semua orang bisa clone template mas. :D
Kalau clone untuk diri sendiri menurut saya masih wajar, tapi kalau untuk dijual belikan itu udah keterlaluan.

Balas

Boro2 mau clone, yg donlod aja bingung setengah mampuzzz cara2 ngeditnya. Kang bisa tolong bantuin ga nih, aq lg mo buat toko online lwt blogspot, mo nanya2 bs ga kang..... tq be4

Balas

kan udah banyak templatenya

Balas

kalaudiperjualbelikan itu kurangajar ya ? :)

Balas

xixixixix..... nyolong ya

Balas

ya begitu sob.. malah blog template saya ada yg kloning...

Balas

Blognya edan banget gan!, btw blog saya yang satu ini templatenya sering di clone, ada cara pencegahan nggak mas?

damzaky.blogspot.com

kalo punya waktu silahkan visit balik blogsaya

Balas

geloo atuh sayah.. hehhehe, pencegahan susah juga ya... semakin di protect semakin pintar juga bongkarnya.. resiko blog bagus kaya gitu lah ;)

Balas

hehehe padahal template blog saya jelek banget bang, yang ini juga banyak yang coba coba clone:, padahal itu template percobaan saya....

damarzaky.blogspot.com

Balas

iya, tapi kalo dishare, nanti pasti pada ilangin link credit, padahal itu template saya buat susah banget wkwkwk pak CSS semua no JS sedikit pun (JS cuma ada di anti copas dan anti ctrl+U). Ya orang indonesia ini masih butuh pendidikan tambahan xD. Terus kalo dishare nanti banyak yang bingung ngisi apanya dimana, saya aja bingung mau diisi apa xD

Balas

nanya dong sob... ngatur posisi hash supaya permalink komentar ga terlalu ke atas, ketutup sama fixed menu.. gimana tuh?

Balas

disini nggak ketutup sama fixed kok?, yang titik kuning itu maksudnya?

Balas

oh iya bener juga agak ketutup yah..., tunggu

Balas

mas chatting aja di G+ biar langsung hehehe

Balas

wah,,payah juga kalo maen klon ya..haha

Balas

hehehee... ya gitu deh sob

Balas

intinya, cloning template = pemalas! gak mau belajar, walo jelek template blog saya hasil kreasi sendiri

Balas

izin share kang untuk tips anti cloning ..

Balas

Iya kang ismet. Ini saya punya kasus dari seseorang kang. Dia sangat menirukan template saya dengan gaya-gaya style template saya. Ini dia blognya : http://portal-newspaper.blogspot.com/.

Saya sangat berberat hati dengannya. Dan saya berusaha mencarinya, dan blog itu ternyata masih kosong polos, dan hanya ada satu artikel saja. Tetapi, yang saya ragukan, itu templatenya kang.

Template kok bisa miripnya sama persis. Daripada bikin ribut (saya nggak tahu siapa yang melakukan), mendingan saya terapkan seringkali mengedit template untuk mengantisipasi si plagiat itu.

Biasa kang, ini memang cobaan hidup saya. Setiap mengedit template, tau-tau saya googling, ehh ada template mirip banget sama template saya. Cobaan hidup.. cobaan hidup, hehehe :D

Balas

mas ada script atau cara agar template blogger saya ga di kloning gan??

Balas

Wah saya tertarik neh soal masalah clone. Tapi Kang sebenernya batasan istilah clone itu smpe sberapa seh? apakah harus sama persis atau sekedar mirip?

saya sendiri ngk bsa bkin template dan cma bsa ngedit template hasil karya orang aja (dan tetep sya tinggalin credit linkx). nah pas ngedit itu saya biasanya cari referensi dari blog-blog lain yang mnurut saya tampilannya menarik. tapi saya ngk buat sma persis hnya skedar mirip.

Balas

intinya clone itu menjiplak sob :)

Balas

walaupun ada, tetep aja diakali :)

Balas

msh sparuh nangkep sprauh ngk wkwkwk

soalx klau mnrut pola pkir sya kita disebut menjiplak ketika sama persis atau tingkat kemiripannya tinggi. dan saya ngk tau kalau prespektif orang lain tentang kata menjiplak itu bagaimana hehehe

sya juga ngk tau template saya pada akhirnya masuk dalam kriteria clone apa ngk, tp smntara ini sya biarkan dlo aja deh. lg mles liat kode html soalx hahaha

Balas

Saya mau minta izin kang buat minta bagian2 script dari template Zikazave Blue buat disatuin sama template simple faster mas sugeng. Boleh nggak kang?

Balas

klo yang namanya template bisa juga disebut mahkota, kenapa ?, karena template seorang blogger memiliki ciri khasnya/keunikannya/keunggulannya masing-masing.
http://yoga-tc.blogspot.com/

Balas

Ha... ha... rencana mau belajar cloning, eh malah di ceramahi. Nice post... Oke.. Oke.. kang, gak jadi belajar cloning!!! Sampai kesabaran ku habis dalam persaingan mendapat cinta search enggine (lol). Kang Ismet tau kan... proses yang saya lalui saat ini. Karena saya yakin Kang Ismet juga melaluinya, hingga akhirnya berada pada tahap seperti sekarang ini. Mulai dari gonta-ganti template,Otak-atik keyword, berubah topik, loncat jalur, hingga ubek-ubek hampir sebagian besar situs yang menawarkan tips SEO and system blogging. Lalu berupaya memahami kode-kode html yang hingga sekarang masih terlihat aneh dan selalu berputar-putar terbawa ketempat kerja. Blog Akang keren.... monggo mampir ke blog ku yang juga keren he.. he... redaksiexpo2012.blogspot.com (kasih saran biar kita bisa cepat saingan)...

Balas

parah kang, saya kemarin juga sempat nemuin yang kayak gitu, template itu valid HTML5 dan CSS3, sama sang empu di jual dengan hatga 50rb murah bukan, terus ada juga yang tega clone dan menjualnya dengan harga 20rb, apagak biadab tu kang

Balas

Izin lapor, Artikelnya Sama:

http://grizenzioorchivillando.blogspot.com/2013/05/clone-template-blogspot-blogger.html

^^

Balas

#Sandy Gafree ngasi laporan artikel sama tetapi link sumber ga ada :) lebih baik anda tidak usah ngabisin waktu dicyber kalau hanya begitu,kasian uang yang anda keluarkan,dan kerjaan anda itu merugikan blogger lain karena duplikat content yang anda buat pakai AGC.

Balas

Saya mau minta izin kang buat minta bagian2 script dari template Zikazave Blue buat disatuin sama template simple faster mas sugeng. Boleh nggak kang?

Balas

wah.. berarti saya cloning dong? padahal saya cuma modifikasi doang.. cari template yg lain aja deh.. Thanks Infonya, om! :)

Balas

Dan saya sempat jadi cloner . Waktu itu bangga skali pas bisa cloning web dalam waktu 15 menit . Langsung comot script :D , asik sih sebenernya , buat iseng2 ...

Cuman gak boleh buat gaya gayaan apalagi ngajarin orang ...

Balas

setuju dengan postingan ini.. mantap kang , salam kenal :)

Balas

Kasian yang udah jerih payah membuat template nya kang , udah ngoprot kesang , eh ahirnya di clone juga mana di duitin lagi ama yang clone haha .
mending download yang gretongan aja deh lebih terhormat kayanya haha :D

Balas

bener banget mastah. sbnrnya tehnik cloning sah-sah aja asal kloningnya ngga sama persis. jd misalnya kalo pengen niru, hrs lah dr bbrpa template kemudian digabungin jd satu. jdilah unique template. bnyk kok blogger2 profesional tekniknya ky gitu.

Balas

Terus terang saya juga penggila cloning template :D

Tapi nggak untuk diperjual belikan, hanya untuk belajar kode css saja, dan kalau dipasang di blog, tetep menggunakan nama yg punya template :D

Terima kasih sharingnyakang ismet :D

Balas

hehehee...kalau software sepertinya udh wajar n akan lama bisa lepas dr bajakan kang,...ane tergelitik juga baca ini coment krn blog ane tentang download software full crack n bla-bla-bla....dach! keep smile kang ismet. BTW bisa pesan template ? ane pengen beli gan.

Balas

Nah ini dia, kebetulan saya nemu template yang persis ma template KangIsmet ini :

http://ahmadsuyadi.blogspot.com/

Gimana nih Kang menurut tanggapannya? blognya benaran 100% KangIsmet :D

Balas

gak usah di tanggepin sob, di bully idup2 aja! =)) wakakak..

Balas

ya udah biarin aja dia .. toh dia bukan siapa-siapa ini .. anggap anjing buduk za

Balas

Templatenya Mas Sugeng itu kmu clone atau kmu Beli langsung kmu Share ?

Balas

Wow ! Pembicaraan yang bagus ,
saya jadi ingin bertanya , Apakah jika kita menggunakan template Karya Orang trs yg buat dapat backlink ?

Balas

Tapi kalau dibiarin tambah sok jagoan Sob :D, boom GA nya nyok biar kena banned :D

Balas

wkwkw yap bener kang,
orang aneh ga ush dilayani..

Balas

wkwkwkwkwkwk, masih kepikiran hahaha....

Balas

haha, kabur ah! keadaan sudah mulai memanas .. :hammer

Balas

Dari Pada Clone template orang lain yang bersifat merugikan , mending pakai template blog bawaan google

Balas

kang, saya mau laporan, emang template yang kang ismet pake ini di bagikan tah? kok saya kemaren gak sengaja singgah ke blog orang templatenya sama dengan punya Kang Ismet gak ada bedanya apakah diaaaa clone template kang ismet?

Balas

betul kang mending gk ngeblog dari pada cloning orang , yg gk di ijinkan

Balas

Turut berduka ya kang. tapi jangan patah semangat untuk berkarya.

Balas

yoga, bukannya ente tukang clonning juga. :D

Balas

Kang ini template nya kang ismet kurang responsive , ada menu kanan yang kosongnya besar. Di ukuran 480x800 px kang.

Balas

biar jelek karya sendiri kang :)

Balas

kalo template nya di REDESIGN gimana tuh kang?

cendanatemplate.blogspot.com

Balas

hahaha... setuju banget saya mas.. :D
dulu awal saya terjun ke dunia blogging, malah menghilangkan hak cipta'nya.. sungguh tidak punya rasa terimakasih.. :)
stelah saya ketahui, saya merasa malu. Hingga akhirnya aku merasa gimanaa gitu kalo make template download'an apa cloning'an....hehe
wlupun sampek skrang masih gunain template awalnya bawaan blogger.. :)

Balas

saya demen btul kang pengen belajar buat template hasil karya sendiri heheh :D tpi dmna ya belajarnya

Balas

Kalu saya sih sebagai newbe sangat tidak suka bahkan 2000 % ga suka dan ga bisa cloning !tp paling sebel liat master2 blogger yang pelit templatenya!orang pelit itu susah rizkinya

Balas

tukang cloning itu orang yang ngga punya ide kreasi sendiri ya kang,bisanya nyontek doang..

Balas

tukang copas menurutku orang ga punya kreativitas, otak nya buntu untuk menghasilkan sebuah karya

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

biasa'a blog kyk begitu cuma cari traffic pengunjung aja x ya kang :D
atau haus akan sebutan (PRO / SUHU / DLL)
tpi akan lebih indah klo klo stiap blog punya ciri khas masing:" terutama design template :D


PErnah suatu ketika sya coba tanya sama yg suka clone template .. dan ternyata harga yg di patok 2x lipat dari harga template" premium tsb.

Balas

ya... macem sih sifat orang..tergadang males ganti template lagi, selalu ada yang clone :D

Balas

Poskan Komentar


×
Chat