Cara Agar Blog Ramai Pengunjung dan Banyak Komentar - Satu hal yang wajar ketika kita membuat blog, pasti blog tersebut ingin ramai dikunjungi banyak pengunjung, selain itu juga menginginkan banyak komentar yang masuk pada tiap postingan. Toh buat apa kita membuat blog kalau sepi pengunjung. Adapun komentar tidak menjadi patokan peringkat sebuah blog, akan tetapi menunjukan bahwa dengan banyaknya komentar setidaknya blog tersebut memang mempunyai pengunjung.

Sudah banyak penjelasan tentang cara membuat blog agar ramai pengunjung dan banyak komentar didalamnya. Akan tetapi, ada yang menarik perhatian saya ketika mengunjungi blog Odhzar Jhadeya, disampaikan dengan cerita fiksi, yang berupa konsultasi pemula dengan seseorang yang sudah malang melintang di dunia Blogging. Cerita ini akan saya suguhkan kembali buat sahabat blogger, dalam versi saya dan sedikit diberi tambahan.

Alkisah, ada seseorang yang baru membuat blog dan memang ia pemula di dunia blogging, sebut saja namanya "A". Dengan penuh semangat si "A" membuat postingan demi postingan. Waktu pun terus berjalan, 1-2 bulan blog si "A" masih sepi pengunjung dan hanya 1-2 komentar pada postingannya.

Si "A" pun menemukan seseorang untuk dijadikan tempat konsultasi, sebut saja namanya "B", akhirnya dimulailah percakapan antara "A" dan "B" walaupun hanya melalui sebuah email.

A : Saya sudah membuat blog dan banyak postingan, tapi kenapa masih sedikit pengunjung dan hanya 1-2 komentar saja? minta kritik dan sarannya dong
B : Saya sudah mengunjungi blog Anda, saya rasa pengunjung akan malas mengunjungi blog anda karena loadingnya terlalu berat. Coba hapus widget yang tidak diperlukan.


Si "A" pun kemudian membenahi blognya, dia buang widget-widget yang memberatkan dan tidak berguna. Sekarang blognya sudah jauh lebih cepat bahkan terasa ringan. Tapi.. tetap saja, sepi pengunjung dan komentar. Kembali si "A" menghubungi si "B"

A : Blog saya sudah ringan, tapi tetep aja masih sepi
B : Blog Anda sudah ringan memang, tapi tampilan blog anda tidak menarik. Teks yang sulit dibaca dan warna yang menusuk mata.


Si "A" mencoba membenahi blognya, memang ia sadar warnanya terlalu tajam, teks kecil, backroud dan teks yang sedikit samar. Ia benahi semua itu. Tapi.. tetap saja, sepi pengunjung dan komentar. Kembali si "A" menghubungi si "B"

A : Blog saya sudah ringan, tampilan sudah bagus,tapi tetep aja masih sepi
B : Blog Anda sudah ringan memang, tampilan menarik, tapi content blog Anda tidak berkualitas. Saya lihat banyak artikel copas, bahasa yang ga jelas, dll.

Dengan usaha yang keras, akhirnya si "A" berhasil membuat artikel yang fresh, penataan bahasa yang bagus, sederhana dan mudah difahami. Lambat laun pengunjung blogpun meningkat. Dan ternyata masih ada saja keluhan tentang komentar. Sepi dari komentar.

A : Sekarang sudah mulai banyak pengunjung, tapi kenapa masih sepi komentar?
B : Artikel yang Anda buat memungkinkan munculnya pertanyaan. Tapi saya malas berkomentar, mungkin yang lain juga karena Anda menggunakan komentar Facebook. Menurut saya, lebih bermanfaat tombol Like atau share ke facebook.


Oooh.. ternyata si "A" baru sadar, tidak semua blogger menyukai facebook, atau sempet suka tapi bosan dengan Facebook.

A : Saya sudah ganti ke komentar standard, masih sepi juga
B : Verifikasi captcha yang menyebabkan orang-orang malas berkomentar


Si "A" menghilangkan verifikasi captcha, dan kembali menghubungi si "B"

A : Captcha sudah saya hilangkan, jadi ga ada alasan lagi kayaknya nih
B : Saya coba membuat komentar di blog Anda. Semangat saya membuatnya, tetapi kata-kata "Komentar Anda akan muncul setelah dimoderasi", itu yang membuat saya malas untuk berkomentar lagi.

Wah.. masih ada aja ya... ia hilangkan captcha dan ia berfikir ayo apalagi, semuanya sudah beres. Si "A" kembali menghubungi si "B"

A : Ringan, tampilan bagus, conten original, komentar standar, tanpa captcha dan moderasi... Apa yang Anda sarankan saya telah laksanakan. Tapi tetep sepi komentar...
B : Saya lihat anda tidak pernah membalas komentar, saya malas memberikan komentar di blog Anda.


Komentar demi komentar di pelajari dan dibalas sebaik mungkin, tapi belum maksimal.. pengunjung belum sesuai harapan, begitupun dengan komentar...

A : Saya sudah berusaha ramah dan memberikan jawaban atas pertanyaan sahabat, apa lagi yang kurang?
B : Anda tidak pernah menulis komentar di blog saya, bagaimana mau berkomentar di blog Anda?bagaimana blog Anda mau dikenal luas di kalangan blogger, kalau tidak pernah mengunjungi mereka?


Sahabat, semoga gambaran di atas menjadi sebuah pelajaran bagi kita. Saya pribadi masih belum bisa melaksanakan semua hal di atas. Mungkin sahabat juga begitu. Terbentur dengan pekerjaan atau kesibukan lainnya.

Blog yang ringan, tampilan menarik, content yang berbobot, dan pertimbangan memasang captcha dan moderasi.. itu dapat menarik pengunjung ke blog kita. Captcha dan moderasi memang di perlukan untuk mengatasi spam. Tapi menurut hemat saya, blogger lebih aman dari spammer kalau di banding WP.

Blog saya tanpa Captcha dan Moderasi. Coba bandingkan, lebih enak di blog saya berkomentar atau di blog yang pasang captcha dan moderasi?

Selain itu, hal yang sangat penting tentunya, kita harus rajin blogwalking dan ramah terhadap pengunjung blog dengan menjawab komentar2 blogger.

Semoga bermanfaat...

467 komentar

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 467   Lebih baru›   Terbaru»

Makasih sharingnya, kang.
Btw, cara ngukur ringan atau beratnya loading sebuah blog itu kumaha caranya, kang?
Aapa ada toolnya, gitu?

Balas

Banyak tool onlinenya sob, tanpa tool juga sebenernya sudah bisa dirasakan, dengan standar kecepatan modem kita. Coba bandingkan Direktori Weblog dan Template Magazine... pasti udah terasa :)

Balas

Itu dia masalahnya, kang...kebetulan modem yang saya pake lumayan cepet jadi perasaan wush..wush aja kalau buka setiap web.
Template magazine itu yang mana ya, kang? :-/

Balas

Wah mantap,, saranya.. tapi komentar saya jrg di bls sm kang ismet nih tp knp saya pengen aja berkomentar di blog kang ismet. knp itu kang?
ada masukan algi?

Balas

website ringan itu emang penting banget deh :D , seperti punyaku bang wkwkwkwk

Balas

pas pada bagian percakapan ke empat itu saya kurang fahim,

A : Sekarang sudah mulai banyak pengunjung, tapi kenapa masih sepi komentar?
B : Artikel yang Anda buat memungkinkan munculnya pertanyaan. Tapi saya malas berkomentar, mungkin yang lain juga karena Anda menggunakan komentar Facebook. Menurut saya, lebih bermanfaat tombol Like atau share ke facebook.

nah yang ini . . .

Balas

Tips yang benar^ sangat menraik dan berguna sekali sobat, saya sangat setuju
terima kasih sudah berbagi

Balas

Maaf sob.. kadang2 komentarnya sudah ketumpuk, jadi ga ketauan.. :)
hayoh kenapa coba? :)

Balas

iya deh.. setujuuuuuuu :)

Balas

maksudnya, kadang2 seseorang sudah bersemangat membaca artikel dan bermaksud memberikan komentar. ternyata... komentarnya menggunakan facebook...

komentar facebook biasanya searah, pemilik blog sangat jarang berkomentar, dan menunggu asusmsi pembaca, link dihasilkan pun tidak mengarah ke blog komentator

Balas

sama2 sob.. semoga bisa mengaplikasikannya

Balas

coba sobat cari template magazine sporty 2, atau template yang johny2 itu... lumayan berat di aksesnya :)

btw.. hebat modemnya... pake apa sob?

Balas

makasih infonya kang
bakal aku terapin tuh "rajin blogwalking dan ramah"

Balas

thanks.. semoga bermanfaat

Balas

sama2 sob... saya juga belum bisa nerapin semua, termasuk membalas semua komentar

Balas

Sebuah info yang sangat penting untuk di praktekkan bang..
terima kasih atas sharenya..

Balas

hahahha..biasa saya d perlakukan kyk gitu bang..tapi itu dulu

komen balik yee :D

Balas

Sama2.. semoga bermanfaat :)

Balas

heheh.. jadi ga aneh ya :) sip sob

Balas

Tutorialx mantab mas..

Balas

wah saran yang sangat patut ditiru, makasih kang sarannya.....!!!

oia kang sesuai dg perkataan saya kemarin, kalo saya pingin edit template,dan tidak tahu caranya, apakah saya boleh bertanya sama kang ismet??

nah sekarang itu yg terjadi dg saya sekarang kang,saya pingin edit templaate saya, supaya tampilan hompage nya berubah dg tampilan label, atau postingnya. sebagai contoh, saya pingin seperti blog nya http://www.tipstrikblogging.com
udah say coba utak atik sendiri, dg bantuan cara dari mbah google, tpi malah hancur Kang :( terpaksa deh saya kembalikan keseperti semula dg tik ada hasilnya kang.
kalo kang ismet bersedia membantu, saya minta sarannya dari kang ismet, mudah mudahan saran kang ismet bisa lebih baik dari saran mbah Google.. :)
atas perhatiannya saya ucapkan trimakasih kang, maaf terlalu panjang ia komennya, heeeee

Balas

Kalau saya liat sekilas, tipstrikblogging.com kayaknya menggunakan tag kondisional tag kondisional ini biasanya disimpan di bawah ]]></b:skin>, sebagai contoh :

Tag yang digunakan, yaitu selain halaman posting dan posting pertama. contoh :

<style type='text/css'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
ISI KODE
</b:if>
.post {width:260px}
</b:if>

<b:if cond='data:post.isFirstPost'>
.post {width:600px}
</b:if>

</style>

artinya, apabila selain postingan, maka ukuran post 260px, dan apabila postingan pertama, ukurannya 600px.

untuk lebih jelas, coba baca:
http://blog.kangismet.net/2012/10/tag-kondisional-dan-cara-penggunaannya.html

Balas

ralat tulisn ISI KODE dan b:if harusnya ga ada tuh

Balas

Malam2 gini dapat ilmu baru lg dari akang nih,,, thanks yah kang :)

Balas

Sama2 sob.. ga pernah akan berhenti belajar selama kita hidup :)

Balas

konten adalah raja
content is king
pertanyaannya...
konten yg bagaimana dulu?
berbagi konten tepat tujuan, itu harus.

itu saja mnrt saya mah, lainnya mah paktor pendukung (Ex: blog walking)

Balas

Makasih kang buat artikelnya, bermanfaat sekali buat ane sebagai blogger pemula.

sukses selalu...

Balas

makasih kang sarannya setelah mengikuti sedikit pencerahan dari kang ismet saya sedikit mengerti. tpi saya gagal dalam menerapkannya ke template saya kang :( .
bagaimana ia kang??

Balas

Kalo saya lebih setuju blog walking adalah faktor ramainya blog kang, konten nomer 2, kecuali konten yang lagi banyak dicari, ga usah BW juga pengunjung datang sendiri dengan catatan bisa bersaing dan nangkring di page one pada search engine.
Pengalaman ada blogger yang hanya posting cuma gambar atau puisi sebait tapi rajin BW, pastideh pada datang tuh pengunjung, bagusan lagi konten berkualitas, silaturrahim tetap dijaga, btw haturnuhun pisan kang

Balas

Infonya keren pisan...
Tadinya cuma ingin baca saja, tapi pas dipahami ingin komen jg, mudah2an di blogku banyak komennya.
nuhun kang...

Balas

Hehe.. gak tau knp kang. oy domain murahan aku skr dah bisa dipake kang, trus skrg mo tanya cara ngilangin WWW diawal anam domain gmn kang? :)

Balas

nice info gan
ijin share dan kunjungi blog saya

http://bagi-bagi0ilmu.blogspot.com

Balas

hohoy triknya mantap coy, praktek ah :)

Balas

ayo rek maen ke siteku dijamin cepat dan bagus deh :)

klo cari susu kambing organik maen ke websiteku aja ya :)

Balas

sudah dimasukan yang 5 buah A Record? kalau sudah, di pengalihan sob. nanti centang alihkan cbd.web.id ke www.web.id

Balas

Betul kang ben... konten fresh dan tepat sasaran, bukan copas... satuju lah

Balas

Sama2 semoga bermanfaat...

Balas

sama2 sob... semga bermanfaat... percaya sob, biasanya blogger senior suka merendah :)

Balas

Yang Tag Kondisional ya? harus bener difahami sob, awalnya emang agak sulit, tapi kalau udah faham gampang ko

Balas

tergantung sudut pandang kali sob ya, kalau kang mur salut... hebat BW nya, saya belum sanggup euy ngikutin

Balas

hehehe... kenapa coba jadi pengen komen? kemana aja nih zeus baru muncul :)

Balas

silahkan sob... manatap blognya... happy blogging aja sob

Balas

silahkan coy :) minta dong bolpennya hehehe

Balas

sukses mba jual susu kambinya ya...

Balas

jadi gitu ya om. harus sering-sering blogwalking sama harus benahin yang peraturan post dan komentar. sangat bermanfaat om artikelnya terima kasih.

Balas

oh nice info,kebetulan blog saya masih acak-acakan *^▁^*

Balas

Kang Boleh share template blog kangismet ini gak, saya suka banget desaignnya, akang downloadnya dimana ya? apa akang buat sendiri atau akan download terus akan modifikasi?

Balas

saya sering main ke blognya ini kang Ismet, berkomentar juga, tp saya lihat kok gak ada visitor dari blog ini ya? terutama adminya heheee

Balas

widget yang disamping itu gambar muka kang ismet...?

Balas

Keren Kang.. Salam blogger.
Ditunggu kunjungannya kang. :)
Sekaligus minta saran dan kritiknya :)
http://robbifinanblog.blogspot.com/

Balas

wah artikel ny mnarik bnget sob. smagat truz gan, (∩_∩)

Balas

bagus sob ini artikelna.. buat intropeksi blog lagi..

Balas

thank u banget buat infonya..
sedang coba diterapkan..hehe

Balas

Tipsnya bagus sekali Kang Ismet, dan ane juga mau terapkan di blog ane ”Konsultansi MYOB Gratis” Terima kasih atas tutorialnya..

Balas

mantap uy..
makasih infonya

Balas

Sepp infonya, semoga Saya juga bisa mengaplikasikan ke blog Saya. :)

Balas

sudah kang, sesuai tutorial akang. tp tetap aja url nya ada www di depan'y saya gak mau pake www di depan domain nya kang. contoh punya akang ini. jd saya pengen domain saya http://cbd.web.id

Balas

jadi gtu ya kang,,sya akan coba kang..

Balas

mantap artikelnya gan, jadi seperti tanya jawab deh...segera dipraktekkan...

Balas

begitu ya jadi gak perlu pake verifikasi dan moderasi ya...trims tipsnya gan...

Balas

terimakasih atas info nya bro postingan yg bagus
search by google :: naufalthedarkness ::

Balas

heee, betul gan...trimakasih....

pasti masih ada masalah lagi tu,hee

Balas

thnks gan atas masukan nya ya,,,slm persahabatan selalu dari saya.

Balas

siap di terapkan gan. vivit ya http://www.informasilengkap.tk/

Balas

Wah sangat menginspirasi, Mas. Saat ini saya mirip banget Si "A", sangat pemula, jadi mohon bimbingannya. :)

Btw, semoga berkah umrohnya. Aamiin :)

Balas

oke,, emang bener kayakna pengaturan komentar perlu dibenahi nie punyaku,, kunjungi juga ya blogku,,jangan lupa komentarnya www.andreastrikuncoro.blogspot.com

Balas

mas, pengunjung saya dri berbagai negara tpi koq sepi komentar, padahl udh saya terapin cara di atas............
mhon bntuannya

Balas

bisa juga dicoba..aku juga pemula...thanks bro infonya,,,sukses selalu

Balas

sebelumnya aku pakai verifikasi dalam kotak komentarku, tapi setelah membaca artikel ini, langsung aku cabut, terima kasih tipsnya gan...

Balas

heheh manteb kang percakapan A dan B bisa di jadikan koreksi ... :D
trims sharenya kang ^_^

Balas

Aku blogger pemula, jadi perlu belajar dari tulisan abang.
Semoga selalu menginspirasi.

Balas

makasih bang share nya , blog ini banyak memberikan saya inspirasi baru dalam dunia blogging :)

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

hmmm,, repot juga ya mas agar blog kita banyak yang ngasi komentar..
tapi tetap harus dicoba. :)

Balas

oh, jadi begitu toh..
tak coba dulu nih..

Balas

bener2 kreatif kang, makasih saran2nya,,,mudah2an bisa sya laksanakan.
baru ganti domain nih kang...:-)

Balas

oya kang, kalo berkenan, sya mau tuker link, link akang sudh sya pasang...siakan dicek, mksih :-)

Balas

wah keren sob sharingnya.. izin praktek pada blog saya, mudah2an bisa nambah visitornya.. anyway, thanks ya :)

Balas

Keren kang tulisan pembelajarannya, walaupun idenya dari copas tapi kang Ismet mampu mengolahnya menjadi tulisan yang berbeda. Blogger sejati!

Balas

oo gt caranya. makasi ya infonya. Salam kenal ya. Kunjungi jg blog aku ya.

Balas

thnks atas masukan nya ya gan,,,salam persahabatan selalu.

Balas

Thank's Kang Ismet, saya mencoba belajar lagi lewat Blog Kang Ismet. Dan thank's Templatenya.

Balas

Postingannya cukup bermanfaat dan bisa menjadi panutan bagi saya pribadi yang baru dalam dunia blog, makasih ka2k.. ^_^

Balas

wah setuju semua apa yang di katakan akang. Semua sudah saya coba laksanakan dengan sebaik-baiknya. Hasilnya luar biasa, walau posting belum banyak tapi pengunjung tetap ada.

Balas

I LOVE YOUR COOL BLOG, thanks ya. Ini membantu banget saya suka blog anda

WAJIB DI BOOKMARK give star
kunjungi balik dan follow balik ya


JOS998.blogspot.com

Balas

Blogwalking masih jadi kekuatan terjitu :D

Balas

makasih yah kang bermanfaat banget nih tipsnya

Balas

makasih gan,, sangat bermamfaat

Balas

Kunjungan balik kang
Salam Sejahtera Buat blogger semua
Sekedar tambahan informasi sekaligus
mempromosikan blog

Balas

makasih mas,,nambah ilmu jadinya

Balas

info yang bagus kang . . . jangan lupa kunjungan balik
http://www.baturaluminium.com/

Balas

Menarik sekali ulasanya , sangat bagus untuk dicoba. Salam sukses dari Renovasi 123

Balas

wah info yg menarik ni kang ...
jngan lupa kunjungi blog ane ya kang
http//brozblanz-indonesia.blogspot.com
*maklum blog baru ., hehehe...

Balas

mantap.. keren ! sip banget pokoknya. makasih atas infonya.

Balas

Makasih kang ismed http://motdh-x.blogspot.com/

Balas

Kalau saya sih lebih suka blog yg tampilannya simpel tapi keren gi2...

Balas

wahh sungguh bermanfaan sobb.. n cocok bgt buat blog saia yg masih baru n sepi...? oy jgn lp kumbal baliknya sobb.. n tolong kasih masukan u/ blog saia yg masih sepi...
http://kedz-a7x.blogspot.com

trima kasihh

Balas

wah makasih kang,, artikelnya sangat bermanfaat buat saya yang masih pemula..
oya,, jangan lupa kunjungi blog saya
http://www.yadiriqu.blogspot.com/

Balas

wah makasih kang,, artikelnya sangat bermanfaat buat saya yang masih pemula..
oya,, jangan lupa kunjungi blog saya
http://www.yadiriqu.blogspot.com/

Balas

betul gann....
silahkan kunjungi www.adilasoma.blogspot.com

jangan lihat modelnya lihat artikelnya

Balas

Makasih banyak gan....
http://jejaksangcucu.blogspot.com/

Balas

mantab broo caranya http://sekilasmaya.blogspot.com/

Balas

TErimaksih infonya berkuliatas bermanfaat untuk disimak
ditunggu artikel lainnya gan . . . :D

Tips luar biasa dijamin bermanfaat
Bagi anda yang ingin tahu silahkan
Berkunjung
kesini


Balas

makash bro infonya.,maklum pemula jadi masih banyak belajar
http://curvelinespot.blogspot.com

Balas

hahaha
kok bisa persis ya dengan saya???
http://ajuliem.blogspot.com

Balas

hohoho, bener nih atuh kang. makasih sudah beri masukan

Balas

Makasih kang... atas masukannya
by: www.softwaredidi.blogspot.com

Balas

slm knl kang ! blognya sng inspiratif skli buat ane yg msh nubie nih, kang.ane tertarik dg templ, blog iklannya dan sdh ane sedot ni kang.mhn izin operasinya ya kang. Ini blog ane kang ... di http://webiklangratis01.blogspot.com. tlg di review ya kang, ane tggu comments nya dan sarannya dmi kmjuan blog ane ya kang.
"Maju terus dunia perblogingan kita...!"

Balas

wkwkww keren juga..
jadi kesimpulan utama'anya adalah..blogwalking dan berkomentar di blog -blog lain.. bisa mendapatkan backlink dan balasan komentar ke blog kita..
mantap kang..

Balas

saya pengguna baru blogspot, makasih ya atas ilmunya

Balas

ini merupakan pengetahuan + cerita yang sangat penting untuk di ketahui oleh para blogger. thx buat ilmunya.. slm kanl gan..

Balas

aku mewakili si C saja yang kang, sekalian belajar komentar dikit dikit.
Terima kasih ceritanya.
Salam dan Selamat bermain bersama anak-anak di rumah........

Balas

infonya bermanfaat bgt kang.. :)
saya masih pemula di dunia blog. ini blog saya, www.rezkyprayogi.tk , ditunggu kritik dan sarannya ya kang. :)
Terima Kasih

Balas

terima kasih banyak informasinya kang ismet, sangat bermanfaat dan menambah wawasan (^_^)d

Balas

pantes aja, semua pertanyaan saya sama tuh dengan si A..

:D

Balas

semoga blog gue juga rame yah *amiin
di tunggu Lho kunjungan nya ~> http://dburu.blogspot.com/

Balas

Makasih :) ini bermanfaat kok...

Balas

hahahaha....ternyata begitu ya? pertanyaan saya juga sama dengan si A. hahaha

Balas

bagus juga.tp ada yg kurang, hrsnya dijelasin langkah2 perubahanya.biar para newbie bs lbh paham.

Balas

Bener banget Kang Ismet. memang dari obrolan mereka si A dan si B itu betul, namun ada sedikit yang kurang. Promo socmed itu juga penting, karena ternyata sampai saat ini banyak para blogger masih sering nangkring di Pesbuk atau tuiter..

So itu yang dulu pernah aku lakukan apalagi saat perang SEO dengan salah satu temen blogger saya.

Sekalian promo boleh donk Kang Ismet. Aku buat blog baru lagi nih kang Ismet.
www.orangbaca.blogspot.com

Thanks kang Ismet :)

Balas

saran yang sangat bermanfaat, makasih kang :)

Balas

minta totur vidionya dnk,,hehe
kunjungi http://agnfira.blogspot.com/

Balas

artikel menarik ni,

kunjungi http://anjas-tkj.blogspot.com

Balas

wah,,mantab bener nieee,,makasih ya gan,,n kunjungi balik yaaa
rasanya saya harus hilangkan facebook komentar yaa

http://netinfoku.blogspot.com

Balas

artikelnya keren abis salam kenal Motor Car Gallop sukses buat agar mampir ke blog saya gan motorcargallop.web.id

Balas

Mantaaaaap..!

www.crystalxforcancer.blogspot.com

Balas

banyak komentar tapi kalau komentarnya spam semua bagaimana kang? :D

catatanteguh.blogspot.com

Balas

wah ternyata banyak juga ya caranya, lumayan pusing kang ismet. minta sarannya donk bwt blog saya, hehe

Balas

Sangat bagus sekali kak cerita tentang pemula blog yang mempunyai semangat yang kuat untuk ngeblog. Dapat menjadi pelajaran bagi para blogger pemula(ane juga pemula) untuk semangat ngembangin bloknya.. Trims kk artikelnya sungguh bermanfaat bagi ane..:D
Kunjungi balik ya terus ditunngu komentarnya tentang blog ane.. Salam blogger indonesia :D

Balas

kang ismet emang jago daahh buat postingan yg berbobot...
masuk kang postingannya....thanks...

Balas

Top Markotop Gan...
Minta sarannya gan buat blog saya....

dwi-iswanto.blogspot.com

Balas

Wah ini ide bagus nih kang, bisa saya coba di blog saya

http://vavaheirro.blogspot.com

Balas

oke bnget niihh infonya,,makash bnyak kang..

Balas

.: TQ pencerahannya kawan, mudah2an online store ane makin rame & laris maniz...^_^

Balas

Oh jadi gitu ya,,, komentar duluuu ah..

Balas

Setiap element memang seyogianya harus diperhatikan, baik dari segi template, loading blog, konten blog, feature blog dan sebagainya supaya pengunjung blog nyaman dan aman berkunjung di blog kita. Kalau sudah merasa aman dan nyaman, biasanya cenderung rampai pengunjung :D

Balas

wkwkwkk mantap n top buat akang, memang blogwalking itu wajib buat pemula. thanks infonya nya

Balas

Mantappp ...
Jempol dah ...
hehheeee

Balas

mantap.. bahasa dan penulisan yang mudah dimengerti..

Balas

oke gan

kunjungi balik ke http://hendie23.blogspot.com/

Balas

oo gitu gan, thanks gan... :D

Balas

Mantap kang
Nitip link kang
www.pencarianfile.tk
Adalah situs download lagu terlengkap.
Situs download bokep indonesia dan luar negeri terlengkap.
Silhkan di kunjungi.
www.pencarianfile.tk

Balas

setuju sama penjelasan yang terakhir. Gimana mau dikomentari sedangkan kita tidak pernah berkomentar

THX for your info :D

Balas

tah ieu nu dipilarian teh....haturnuhun kang

Balas

thanks sob infonya
http://medicrus.blogspot.com

Balas

terima kasih kang,
ijin pelajari.

Balas

keren blog ge kang...
suwon for sharing...

kalo ada yang mau KPR syariah, hub aku ya...

Balas

Blog Saya masih sepi gan, terima kasih atas tipsnyaizin coba di blog saya..

Balas

makasih infonya ini yang aku cari mantab
http://novandut.blogspot.com

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Cerita yg mas sajikan sangat berkenaan dengan blog saya. Tampilan uda di modif, conten original (kebetulan saya desain grafis), pengunjung uda maksimal, capta uda dihapus, berkomentar di blog orglain jg udah. tp kok msh sepi ya..

Balas

Bagus gan sarannya, , akan saya coba hal di atas, termasuk ini, hee, kunjungi blog saya ea, , luthfihadirmc.blogspot.com

Balas

mohon kritikannya kang atas blog saya, salam blogger

Balas

trims gan infonya, blognya keren..
---ditunggu kunjungan baliknya---

Balas

Mantap sarannya, saya juga pendatang baru semoga dengan adanya saran dari akang bermanfaat untuk saya

Balas

Terimakasih kang infonya bermanfaat sekali...
Kalo boleh saya minta saran kang ismet mengenai blog saya.
http://tenlibrary.blogspot.com/

Balas

mantap nihh ngshare nya , bermanfaat skali ..

. mampir yaa ??hhehe
http://one-rid-one.blogspot.com/

Balas

saya jadi inget kang... dulu saya pernah sering saling sapa lewat komentar sesama blogger.... sekarang saya lihat blogger2 tersebut sudah menjadi blogger yang terkenal... pakar seo & money blogging semua... perubahannya sangat drastis... saya berkomentar diblog mereka sudah jarang dibales atau komen balik... padahal dulu suka berkunjung ke blog ngjakin saling tuker komen "You comment, I follow" katanya.... tapi kayanya udah terlalau bnyk jam terbang jadi g da waktu buat saling komen2an lagi.. :)

Balas

Assalamu Alaikum....

blog anda simple tapi manarik dan bahasa yang ada di dalam artikel anda muda untuk dipahami...terus berkreasi...

jangan lupa kunnjungi alghuraba-mamuju.blogspot.com

Balas

maaksih gan... sangat berguna nh buat saya..

Balas

Iya,..benar sekali si Akang...

blog saya sepi sekali komentarnya...

ingin sekali ramai komentar ..
sudah membuat posting yang bermanfaat,.juga blum juga dapat komentar,...

tapi Saya tetap berusaha, agar bisa seperti kang ismet,..hehehe

Balas

Oh gitu ya.. pantesan..
hehe, makasih ilmunya kang..
salam kenal

Balas

loading lama juga di blog ku, thx infonya

Balas

Trimakasih kang artikelnya,oh ya mau tanya,blog saya ko ga bisa Replay koment,kenapa ya...?
lw bisa mohon di bantu kang,saya newbie banget..

Balas

sangat membantu kang terimakasih, blog ini memang memberi inspirasi......

Balas

artikel yang membuat kita harus mawas diri sebagai blogger. saya sejak dulu memang paling malas dengan chapcha dan moderasi, karena itu untuk blog saya, saya buka, toh... google sudah tahu mana spam dan mana bukan. tinggal hapus saja. 3 spam sampai saat ini terdeteksi pada komentar saya, semuanya berbahasa inggeris. Salam blogger.

Balas

whahakaka. mantabb ..^^lanjutkan!

Balas

Terimakasih gan sarannya pasti akan saya praktekin supaya pengunjung blog saya jadi ramai.

BTW meurut agan blog ane loadingnya cepat atau lambat yah gan, mohon di cek gan.

Balas

Mantab Lanjutkan :D
kalo sempat mampir ya ...
http://freelinkshare2u.blogspot.com/

Balas

wah saya tertarik banget ni kang sama tampilan komentar nya, mohon pencerahan nya yah, untuk bisa bikin yang seperti ini kebetulan saya lagi bkin blog baru, sementara ini masih pake subdomain dari google sih.

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

terimakasih. sangat berguna
mampir ya http://supeksa.blogspot.com

Balas

wah manteb kang....
mampir dlu http://mohammadzuhri.blogspot.com

Balas

trmksh informasinya. klik
http://herbalifesidoarjo11.blogspot.com/
http://herbalifemojokerto11.blogspot.com/
http://herbalifemurahsurabaya.blogspot.com/
http://herbalifejogjakarta11.blogspot.com/
http://herbalifeyogyakarta11.blogspot.com/

Balas

makasi atas saranya gan...

Balas

Sebuah tip trik yang ringan dengan menyuguhkan cerita tp sbenarnya itulh jawabannya.. blog saya juga sepi pengunjung dan komen, dptkh anda memberikan saran kepada saya, mari mampiri blog saya http://aksarafirdaus.blogspot.com/ thanks sobat

Balas

Vsist my blog http://rhizkie4u.blogspot.com
cara ini juga bisa memperramai blog hhehe

Balas

pengen blog saya banyak komentar :(
http://www.nandarious.blogspot.com/

Balas

Wah tipsnya bagus banget, harus di coba nih.. Makasih kang..
http://majidchan.blogspot.com

Balas

Wah Wah..... si "A" pasrah banget pas ngomong sama si "B", hahaha sumpah ini artikel lucu tapi sangat bermanfaat.

So, Thanks atas Infonya.

Numpang kasih link ya, mohon maaf :D

URL : http://www.masatip.com//


Visittt !!!

Balas

Makasih Trik nya bro, semoga maju nih blog :D
buka juga
http://bllyanos.blogspot.com/

masih amatir :P

Balas

makasih trik nya gan, semoga maju blognya

kunjungan balik gan http://worldsmean.blogspot.com/ masih pemula

Balas

menarik dan bermanfaat tips nya kang :)

jngn lupa mampir ke blog saya ya kang dtnggu :)

http://sepz-keren.blogspot.com

Balas

Punten kang abdi mah gaptek..makasih infonya, mohon di bantu atuh kang buat sy kumaha kitu bade uplod foto buat propil lewat hp meuni susah pisan, sy ngeblog cuma lewat hp dari posting smpe blogwalking ya dihp, mohon atuh kan sebgai supir taxi masih perlu bimbingan, mampir atuh ke http://anggashr.blogspot.com

Balas

Hahaha baru tau bang
makasih ya info nya
mampir yo
http://catatanopgila.blogspot.com/

Balas

kang saya mau tanya lebih baik meta description otomatis atau manual... soal nya ane gk tau tuh perbedaan otomatis sama manual ! CTRL + D dulu moga di bales :D

Balas

mantap kang ilmunya...
terimakasih kang :)

Balas

Manteb artikelnya gan!!!
Sangat membantu buat di jadikan referensi :D

Balas

jadi komentar juga penting dalam dunia blogger?

Balas

sangat bermanfaat sukses selalu gan

Balas
«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 467   Lebih baru›   Terbaru»

Poskan Komentar


×
Chat