Cara Menjual Domain

domain
Cara Menjual Domain - Cara menjual domain  yang akan saya jelaskan disini bukan melalui fihak ke 3 seperti Sedo.com atau pun lainnya. Yang akan saya jelaskan di sini yaitu cara menjual domain langsung ke pembeli, tanpa perantara. Hal ini berdasarkan pengalaman saja, karena saya tidak tau menau cara jual beli domain melalui fihak ke 3.

Beberapa hari kebelakang, salah satu domain saya yang berbahasa Inggris (mohon maaf, pemilik baru tidak mau disebutkan) terjual dengan harga $350 USD, domain itu sendiri PR3, alexa 600ribuan, usia 1 tahun, tapi 6 bulan tidak update, flatform blogspot, apa lagi ya...  awalnya bingung, bagaimana caranya.. oh ya, sebagai catatan, waktu itu orang yang membeli domain bukan dari dalam negeri.

Bagi sobat yang mengalami hal yang sama, dibawah ini akan saya jelaskan langkah singkat bagaimana cara menjual domain. Tahap2 yang harus dilakukan adalah :

1. Buat kesepakatan harga, usahakan kita menerima DP dulu
2. Ganti nama pemilik domain
3. Unlock dan hilangkan Whois Privacy
4. Minta Kode EPP
4. Transfer domain
5. Proses pembayaran, dan.. selesai

Membuat Kesepakatan Harga

Dalam proses jual beli, hal ini merupakan kewajiban. Untuk membuat kesepakatan, bisa dilakukan via Email, YM, GTalk, ataupun lainnya. Dalam proses jual beli semacam ini, tentunya diperlukan kepercayaan baik fihak pembeli atau penjual.

Cara Mengganti Nama Pemilik Domain

Langkah kedua adalah mengganti nama pemilik domain. Untuk melakukan penggantian pemilik, biasanya dilakukan oleh registrar. Dalam hal ini, saya menggunakan idwebhost.com, dengan mengajukan request atau submit ticket. Untuk mengajukan pergantian pemilik domain, syaratnya adalah :

1. Direquest dari email terdaftar
2. Menyebutkan username dan 4 digit terakhir password manage
3. Menyebutkan nama domain hosting
4. Alasan perubahan/pengalihan email terdaftar kepemilikan
5. Menginformasikan email dan data kepemilikan yang baru

Pemilik baru tidak diharuskan untuk memiliki akun di registrar kita. Persyaratan tersebut mungkin akan berbeda pada tiap registrar. Proses perubahan nama pemilik domain kurang lebih memakan waktu 1 hari.

Unlock dan hilangkan Whois Privacy

Lakukan unlock domain, dan hilangkan whois privacy apabila pada pendaftaran domain menggunakan whois privacy. Untuk melakukan hal ini, bisa minta ke CS registrar.

Minta Kode EPP

Kode EPP (Extensible Provisioning Protocol)adalah salah satu kode pengamanan untuk melakukan transfer nama domain registrasi dan melindungi hak-hak Anda sebagai pemilik domain. Untuk mendapatkan kode EPP, bisa dilakukan melaui control panel domain (apabila ada) atau bisa minta ke CS. Kode EPP ini hanya diperlukan jika domain ingin di transfer.

Transfer Domain

Transfer domain hanya dilakukan apabila pembeli ingin memindahkan domainnya ke registrar yang lain seperti Godaddy.com atau lainnya. Transfer domain dilakukan oleh pembeli, bukan oleh kita sebagai penjual, karena domain sudah berpindah atas nama pembeli. Godaddy akan mengenakan biaya $8 USD untuk transfer domain. Proses transfer domain kurang lebih memakan waktu 5 hari.

Total waktu yang dibutuhkan sekitar 6 hari atau 1 minggu, apabila domain ditransfer. Apabila hanya merubah nama saja, hanya diperlukan waktu 1 hari.

Setelah selesai dengan langkah diatas, selanjutnya pembayaran. Pembayaran juga bisa dilakukan setelah pemindahan nama pemilik.

Semoga bermanfaat...
Disqus Comments