Google EMD Update dan Antisipasinya

Google EMDEMD (Exact DOmain Name) yaitu alogaritma google terbaru yang akan memfilter domain dengan target kata kunci, dari halaman pencarian Update dan Antisipasinya. Mungkin sebagian Anda sudah mengetahui bahwa google telah mengupdate alogaritma terbaru yang di sebut "EMD Update". Apa Google EMD Update itu? EMD sendiri merupakan kependekan dari Exact Match Domain. EMD Update merupakan alogaritma terbaru google yang berfokus pada SERPSearch Engine Results Page, yaitu Halaman hasil pencarian search engine dalam memberantas situs yang yang berkualitas rendah dan hanya membidik domain sebagai kata kunci.

Tidak dipungkiri, beberapa tahun ke belakang nama domain merupakan kunci SEO. Sehingga akibatnya bermunculan situs yang berkualitas rendah yang hanya mengejar kata kunci (keyword) dari domain itu sendiri. Sebagai contoh, seseorang yang menginginkan posisi teratas pada pencaria Google dengan kata kunci "Bisnis Online Tanpa Modal" maka ia akan membuat satu domain www. BisnisOnlineTanpaModal.com ataupun sejenisnya.

Kebanyakan situs seperti ini mempunyai konten yang tidak berkualitas, akan tetapi justru mereka berjaya di Search Engine karena mereka menembak kata kunci sebagai domain. Bahkan mereka berhasil memonitize situsnya dengan cukup memuaskan. Situs-situs seperti inilah situs yang kaya dengan keyword (kata kunci) dan sangat mencuri perhatian Search Engine, akan tetapi kontennya sangat tidak di sukai oleh pengunjung. Yang pada akhirnya web seperti inilah yang sering melakukan spam.

Dengan adanya EMD Update ini, google akan menghapus situs spam dari hasil percarian diantaranya dikarenakan menggunakan domain sebagai kata kunci. Dan akan memunculkan pencarian yang natural dengan kualitas konten dan disukai visitor, bukan hanya Search Engine.

Apa yang dimaksud dengan Update Alogaritma EMD Google itu?

Pada akun twitternya Matt Cutts (salah seorang staff Google) mengatakan,  "EMD Update ini mengurangi domain yang berkualitas rendah, yang menggunakan target domain sebagai kata kunci, dalam hasil pencarian".

Untuk rencana EMD ini sebetulnya sudah digulirkan mulai tahun lalu, namun pelaksanaannya dimulai bulan September 2012. Hal ini masih merupakan langkah awal, google belum sepenuhnya menyingkirkan situs yang menembak kata kunci sebagai domain secara keseluruhan, kemungkinan selanjutnya Anda yang sudah terjaring EMD upate, bisa keluar dari cengkramannya, atau bahkan Anda harus bersiap-siap web Anda akan terjaring EMD Update.

Domain saya menggunakan target kata kunci, apakah akan terjaring EMD Update?

Mungkin saja. Tapi belum tentu semua domain yang menembak kata kunci akan terjaring EMD Update ini.

Sangat jelas konsep EMD ini memfilter domain dengan kata kunci, akan tetapi pada akhirnya akan dipilih mana yang mempunyai konten berkualitas atau yang tidak berkualitas. Konten yang tidak berkualitas biasanya hanya mengejar page rank, tanpa mempedulikan kualitas konten webnya.

Bagaimana cara membedakan konten yang berkualitas atau tidak?

Seperti yang sudah dijlelaskan di atas, konten yang berkualitas adalah konten yang memuat kalimat sewajarnya, tata bahasa, pengejaan, kalimat yang benar dan sisukai oleh pengunjung maupun search engine.

Adapun konten yang tidak berkualitas, hanya pengulangan kata kunci, iklan di mana-mana, kalimat yang tidak jelas, dan sebagainya. Intinya, isi webnya hanya untuk mengejar page-rank atau menjadi no.1 di Search Engine. Pernahkah menemukan web seperti itu? Jawabannya PASTI... memang web seperti itu sangat bertebaran dan menjemukan.

Apa yang harus dilakukan dalam mengantisipasi Alogaritma EMD?

Bagi Anda yang menggunakan domain sebagai kata kunci, sudah terperangkap ataupun belum dengan Alogaritma EMD ini, hendaklah memperhatikan poin-poin di bawah ini.
01Kualitas Konten
Seringkali kita mendengar "Content is King", artinya kualitas konten merupakan hal yang paling utama dalam optimasi SEO. Dengan konten berkualitas, maka akan menjaring visitor ke web Anda. Mulai sekarang, Jujurlah.... ya... jujurlah pada diri anda, apakah konten yang dibuat hanya mengejar posisi SERP? atau berbagi dengan visitor?
02Cek Inbound Link
Inbound Link merupakan backlink, atau link yang mengarah ke blog kita. Tidak semua inbound link bagus, perhatikan apakah ada blog spammer yang mengarah ke blog Anda? sebisa mungkin hilangkan link tersebut, karena akan merusak kepercayaan google terhadap blog kita.
03Social Button Share
Tambahkan tombol share ke berbagai jejaring sosial, dengan banyaknya share artikel ke berbagai jejaring sosial, maka akan menambah visitor dan menambah kepercayaan google.
04Update Konten
Usahakan Anda mengupdate konten, jangan terlalu lama dan jangan juga terlalu sering. Sebisa mungkin, kalau Anda sempat, update blog Anda 1 hari 1 artikel saja, dengan kualitas yang fresh dan bukan hasil copy paste.
05Link Buliding
Link Buliding yaitu upaya membangun inbound link, tapi sekali lagi lakukan dengan cara yang wajar seperti aktif di forum, menjadi guest post, dan banyak hal lain yang bisa Anda lakukan. Dengan inbound link yang berkualitas, maka Anda akan mempunyai kredibilitas di mata search engine maupun visitor.

Walaupun anda sudah terlanjur memiliki domain dengan target kata kunci, lakukanlah hal-hal di atas, untuk terlepas dari incaran EMD Update ini. EMD merupakan pendamping Panda dan Penguin, dimana Panda memprioritaskan pada situs yang berkualitas rendah dan EMD kepada domain dengan target kata kunci.
Semoga bermanfaat....

Sumber: SearchEngineJournal.com
Disqus Comments