Custom Permalink di Blogger/Blogspot

Custom permalink di Blogger/Blogspot. Blogger kini telah menambahkan fitur baru, sehingga tulisan kita lebih SEO friendly. Fitur terbaru yang diluncurkan Blogger adalah Custom Permalink. Dengan custom permalink di Blogger ini, kita bisa merubah URL judul postingan kita, sesuai keinginan. Bagi yang belum faham apa itu permalink, permalink adalah kependekan dari permanent link (tautan permanen), yaitu URL postingan kita.

Bagi sobat yang ingin mengganti atau merubah tautan permanen / permalink di Blogger atau Blogspot, atau dengan istilah lain mengganti link url postingan, kini tidak usah susah susah menggunakan cara lama, sebab fihak Blogger sudah memfasilitasi fitur custom permalink.

Custom Permalink Blogger

Bagaimana cara kerja atau cara menggunakan custom permalink ini?
Sebagai contoh, sobat akan membuat judul "Cara Terbaru Merubah URL Postingan di Blogger/Blogspot" apabila sobat menulis artikel kemudian langsung publish, maka kemungkinan akan muncul permalink seperti ini :

http://namablog.blogspot.com/2012/07/cara-terbaru-merubah-url-di.html

dengan fasilitas custom permalink, maka permalink (url postingan) tidak akan terpotong. Caranya, lihat sebelah kanan, klik Tautan Permanen dan tandai URL Khusus. kemudian masukan kata-kata yang diinginkan, contoh : cara-terbaru-merubah-url-postingan-di-blogger-blogspot kemudian klik Selesai, maka hasilnya akan menjadi :

http://namablog.blogspot.com/2012/07/cara-terbaru-merubah-url-postingan-di-blogger-blogspot.html

(jangan gunakan spasi, tapi gunakan strip (-) untuk pemisah kata), lihat contoh :

custom permalink blogger

Catatan

1. Untuk bisa menggunakan layanan ini, harus menggunakan tampilan baru (new interface)
2. Hanya bisa diedit sebelum artikel di publish
3. Gunakan strip (-) untuk pemisah antar kata

Dengan fasilitas Custom Permalink ini, semoga artikel sobat lebih SEO friendlly.
Disqus Comments