Membuat Blogroll / Daftar Link Terbuka di Tab Baru

Cara membuat Blogroll atau Daftar Link terbuka di tab baru. Untuk menambahkan link url kita atau pun link sahabar di widget, biasanya kita menggunakan daftar link. Ketika Anda menambahkan daftar link / blogroll pada sidebar atau footer, maka secara default link akan terbuka pada window yang sama, kemudian blog kita akan tertutup.

Ada keuntungan dan kerugian menggunakan daftar link yang apabila di klik terbuka di window yang sama. Keuntungannya ketika pengunjung ingin kembali, harus klik mundur (back). Menurut sebagian master blogger, hal ini akan menambah page view web kita. Sedangkan kerugiannya, web/blog kita akan tertutup, masih mending kalau mereka kembali.

Tutorial ini juga merupakan jawaban dari pertanyaan sahabat "Bagaimana supaya teks link yang ada di side bar terbuka di jendela baru?"

Bagi rekan-rekan yang ingin daftar link / blogroll terbuka di tab baru, silahkan kunjungi dulu demo dan lihat sidebar dengan judul Blogroll. Klik DISINI (jangan lupa untuk kembali ke tutorial ini).

Pada demo yang telah Anda lihat tadi saya menggunakan judul Blogroll. Lihat gambar!

blogroll

Untuk merubah Link pada Blogroll supaya terbuka di tab baru, silahkan ikuti tutorialnya.

Cara Membuat Blogroll Terbuka di Tab Baru

1. Login ke Blogger
2. Klik Template > Edit HTML
3. Centang Expand Template Widget
4. Cari judul yang Anda buat, cotoh saya cari Blogroll (gunakan Ctrl+F untuk memudahkan)
5. Akan tampil seperti pada gambar dibawah (perhatikan kode yang dilingkari merah)

blogroll


6. Tambahkan kode target='_blank' atau target='new', maka hasilnya menjadi
<li><a expr:href='data:link.target' target='_blank'><data:link.name/></a></li>
7. Simpan Template

Untuk lebih jauh mengetahu tentang perbedaan target="_blank" dan target="new" silahkan kunjungi tutorial tentang Perbedaan antara target="_blank" dan target="new"
Disqus Comments