Dalam pembuatan hyperlink (link) banyak cara yang digunakan, ada yang menggunakan kode link supaya terbuka di tab baru ataupun tidak. Hal ini tentunya tergantung perlu atau tidaknya sebuah link terbuka di tab baru (new tab) atau window baru (new window).Penggunaan link, tidak hanya pada postingan, akan tetapi bisa digunakan dalam pembuatan widget, edit template, dll.

Apabila ingin membuat link yang terbuka di window/tab baru, ketika anda menulis postingan, dan ada pada posisi Compose, maka anda tinggal klik Link>masukan url>centang Open this link in a new window


Apabila menulis postingan pada Edit HTML, maka anda harus menambahkan kode:
target="_blank" atau target="new" atau target="tulis-apa-saja-terserah-anda"
silahkan pilih salah satu kode di atas, target="tulis-apa-saja-terserah-anda", artinya anda bisa menulis apapun misal target="jajskljsyhdgttsg", tetap akan terbuka di tab baru. Kok bisa? Coba saja... :) tapi hal ini tentunya tidak di anjurkan.

Kode link ini berlaku umum, tidak hanya dalam pembuatan postingan dan hal ini telah saya jelaskan dalam postingan sebelumya tentang Cara Membuat Link pada Gambar/Image, kode HTML dasar sebuah link adalah:
<a href="url tujuan">anchor teks</a>
jadi, apabila ingin link terbuka di tab atau window baru, anda tinggal menambahkan salah satu dari tiga kode diatas.

Sebagai contoh saya akan membuat link yang diarahkan ke blog saya dan ingin terbuka di tab baru, maka kodenya seperti ini:
<a href="http://blog.kangismet.net/" target="_blank">Blogger Tutorial</a>
Kode target="_blank" atau target="new" atau target="apa-pun-yang-anda-tulis", mempunyai fungsi yang sedikit berbeda, namun intinya tetap terbuka di tab atau window baru. Untuk mengetahui perbedaan dari ketiga kode tersebut, silahkan kunjungi Perbedaan antara target="new" dan target="_blank"

4 komentar

makasih tutorialnya kang...
saya seorang pemula nih kang, kalo boleh nanya, supaya teks link yang ada di side bar terbuka di jendela baru gmn ya Kang Ismet ?

kang...saya ijin pasang link blog-nya di Blog saya...
boleh dong blog saya dipasang juga disini
http://www.bisnis-ok.com

Balas

Untuk membuat teks link di sidebar (blogroll) terbuka di tab baru kunjungi Cara Membuat Daftar Link Terbuka di Tab Baru

Balas

Terimakasih Juragan.
Sudah saya coba di web saya dan berhasil

Balas

Poskan Komentar


×
Chat