Seberapa pentingkah Alexa dan Pagerank?

Ada satu pertanyaan yang menggelitik dalam hati, seberapa pentingkah alexa dan pagerank?
Pertanyaan ini muncul ketika mencari solusi dari sebuah masalah yang dihadapi, sebut saja virus, flashdisk yang ke protect dan lain-lain.

Ketika mengetik kata kunci di mbah google, muncul beberapa weblog yang memuat kata kunci tersebut. Tapi sayang ketika masuk, yang ditemukan hanyalah artikel (maaf) sampah yang ga berbobot. Hanya kata kunci yang diulang-ulang. Tidak ada solusi yang ditemukan.

Anggapan saya mereka hanya mengejar alexa dan pagerank, tanpa memperdulikan kualitas blog. Mungkin tujuan mereka membuat blog adalah untuk monitize, terpampang di blog mereka bebrapa adsense, baik lokal atupun luar, termasuk memasang Google Adsense yang jelas-jelas tidak boleh dipasang di blog berbahasa Indonesia.

Apakah dengan cara itu mendapatkan alexa dan pagerank tinggi? saya rasa tidak. Banyak yang sukses dengan adsense, paid to click atau paid to review, justru dengan blog yang berkualitas, yang konsisten dengan konten blog mereka.

Bahkan diluaran sana ada yang disebut dengan BuySellAds, situs jual beli iklan banner. Situs yang konsisten dengan isi blog mereka lah yang berhasil dalam jual beli ini, sebut saja www.psd.tutsplus.com, www.yoast.com dll. Mereka mampu meraup ribuan dollar perbulan. Kunci yang diraih adalah konten web blog tersebut sangat bermanfaat bagi pengunjung, sehingga pengunjung akan kembali pada saat yang lain bahkan membookmark situs tersebut.

Di dalam negeri sendiri banyak sekali blogger senior yang sudah menapakan kaki di dunia blogger, sebut saja Enda Nasution, Budi Putera, Fatih Syuhud, Kang Rohman, Agus Ramdhani,  dll. Yang pasti, keberhasilan merka bukan karena hal-hal diatas (obral kata kunci) dengan tujuan pagerank dan alexa saja, tapi konsistensi mereka dalam blogging.

Bagi saya pribadi ketika mendapatkan blog yang isinya cuma sampah, otomatis otak saya mencatat dan memblacklist situs tersebut, dan tidak pernah kembali untuk ke 2 kalinya. Bagaimana dengan anda sob?
Pertanyaan yang lain juga muncul, apa sebenarnya tujuan kita membuat blog?
Disqus Comments