Indonesia kembali kehilangan salah seorang pelawak seniornya, R. Achmad Yusuf (Abah Us Us), yang Sabtu pagi (8 Mei 2010) meninggal dunia akibat serangan jantung di usia 72 tahun. Pelawak senior asal Jawa Barat  ini menyusul rekan satu grupnya dalam D’Bodor, Yan Asmi, yang meninggal tepat 40 hari lalu.

Sang Jerry Lewis Indonesia ini mengembuskan napas terakhir sekitar pukul 06.30 WIB di RS Mohammad Husni Thamrin, Cileungsi, Bogor. Pelawak yang identik dengan kalung peniti raksasa itu lahir di Bandung, 13 Juni 1938.

Beliau merupakan personil grup lawak D'Bodor bersama Yan Asmi (alm) dan Kusye, yang sampai saat ini telah go internasional.

Abah Us us meninggalkan 4 orang anak dan 2 orang Cucu.


Kusye (Mang Engkus) terpukul dengan kepergian Abah.

Kepergian Abah Us Us membuat rekannya sesama grup D'Bodor, Kusye terpukul. Dia mengaku sangat kehilangan Abah Us Us yang sudah dianggapnya sebagai keluarga.

Di mata Kusye, Abah merupakan orang pertama yang membimbingnya hingga bisa menjadi artis nasional, bahkan go internasional bersama D'Bodor.  Sebelumnya, Kusye mengaku hanya sebagai artis tradisional yang tidak dikenal.

Lebih jauh Kusye mengatakan, ambisi Abah Us Us untuk go internasional sudah terpenuhi. Selama bertiga, kata dia, D'Bodor sudah melanglangbuana ke luar negeri.

"Waktu masih ada Yan Asmi, kita berencana membikin acara talk show di Metro TV. Tapi gagal karena Yan Asmi meninggal. Kemudian, sempat mau rekaman Zona Memory sekaligus mengenang Yan Asmi, tapi gagal juga karena Abah meninggal," kata Kusye.


Hujan Gerimis Iringi Pemakaman Abah Us Us

Jenazah Abah Us Us tiba di kompleks pemakaman keluarga di Desa Cirengot. Jenazah komedian yang akrab dengan 'peniti raksasa' itu pun dimakamkan.

Hujan rintik mengiringi perjalanan Abah Us Us menuju peristirahatan terakhirnya. Tidak hanya keluarga yang mengantar Abah ke liang lahat. Ratusan warga pun ikut mengantar kepergian budayawan sunda tersebut.

Kang Kusye, rekan Abah Us Us di D'Bodor terlihat memapah istri Abah Us Us, R Iyus Rohana, yang tidak bisa menahan duka. Tampak anak pertama Abah Us Us, Erie Djaka membantu proses pemakaman.

Dalam prosesi pemakaman Abah juga terlihat Kang Ibing, rekan sesama komedian asal Tanah Pasundan. Kak Ibing pun masuk ke dalam liang lahat untuk membantu memasukan jenazah Abah.

Tampak beberapa rekan almarhum seperti Aom Kusman, Rudi Djamil, dan Sup Yusuf pun hadir. "Jangan menangis, jangan menangis," ujar Kang Ibing meminta semua orang untuk tidak menangis saat pemakaman Abah Us Us di kompleks pemakaman keluarga di Jalan Cirengot, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Cinambo, Jawa Barat.

Mengingat Abah  Us Us : Pengalaman Saat Melaksanakan Ibadah Haji

Abah Us-Us pernah bercerita tentang mengenang pengalaman uniknya waktu menunaikan haji beberapa tahun silam. Diantaranya pengalaman diingatkan sholat oleh penjaga hajar aswad. Diakui dulunya, sebelum naik haji, Abbah sering malas shalat. Namun saat beristirahat bersama beberapa artis di Tanah Suci, Abah didatangi askar (penjaga Hajar Aswad) yang menyuruh dia salat. Anehnya, cuma dia saja yang diperintahkan melaksanakan salah satu rukun Islam ini.

Tapi Abah Us-Us menunda-nunda. Askar itu juga tak berhenti mendesak. Bahkan, pria tak dikenal itu mengikutinya dari belakang. Akhirnya pelawak yang dua kali naik haji gratis itu salat diawasi askar. Setelah mendapatkan kedamaian saat bersalat, Us-Us buru-buru ingin menyampaikan terima kasih pada sang penjaga. Tapi, si askar sudah lenyap. Sejak itulah, Abah mengaku selalu berusaha untuk salat.
Pengalaman unik lainnya adalah saat ia sedang makan di sebuah restoran, banyak calon haji Indonesia mengerubutinya, mengajak bersalaman dan berfoto. Kerumunan itu ternyata menarik perhatian seorang berkulit hitam. Pria tinggi besar itu ikut antre berfoto dengan anggota grup D` Bodors itu. Setelah berdekatan, gantian pelawak yang terkenal dengan peniti supergede ini yang terkejut. "Ini kan Olajuwon (Hakeem Olajuwon, bintang Liga Basket Amerika Serikat)," kata dia tertawa lepas.
--------------------
Selamat Jalan Abah, canda tawa mu akan kami kenang.
Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT. Amin.

Poskan Komentar


×
Chat